Apa Pun Alasannya, Kunjungan Priyo ke Sukamiskin Tak Etis

Kompas.com - 04/06/2013, 11:18 WIB
|
EditorCaroline Damanik

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua DPP Partai Golkar Yoris Raweyai menilai kunjungan rekan separtainya, Priyo Budi Santoso, ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin, Bandung, pada Sabtu (1/6/2013), tidak sesuai etika. Apalagi, yang dikunjungi adalah terpidana suatu kasus korupsi.

"Kunjungan dia (Priyo) ke Sukamiskin, terlepas kemanusiaan atau bukan itu tidak benar. Apalagi dia mengunjungi tahanan korupsi, musuh kita. Secara etika tidak benar," kata Yoris, di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (4/6/2013).

Anggota Komisi I DPR itu menyampaikan, Priyo seharusnya mengikuti aturan yang berlaku sebagai seorang kader dan tokoh publik. Selain ada mekanisme yang harus ditaati, Priyo juga seharusnya peka pada situasi dan opini yang berkembang terkait langkah yang diambilnya.

"Kita ini berorganisasi, partai kolektif kolegial. Beliau tidak pantas secara etika," ujarnya.


Seperti diketahui, Priyo berkunjung ke LP Sukamiskin pada Sabtu (1/6/2013) sore. Ia mengaku sedang melakukan inspeksi mendadak (sidak). Namun, Priyo juga tidak menampik maksud kunjungannya itu untuk bertemu dengan para rekannya sesama politisi Golkar, Fahd El Fouz, terpidana kasus dugaan korupsi proyek Al Quran.

Dalam kasus yang sama, nama Priyo sempat dikaitkan dengan sebuah catatan tangan Fahd yang berisi pembagian jatah fee proyek di Kementerian Agama. Nama Priyo yang ditulis dengan inisial PBS dituliskan menerima fee sebesar 1 persen. Namun, Priyo menampik tudingan itu.

Badan Kehormatan DPR masih menelusuri motif kedatangan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso ke Lembaga Pemasyarakatan Sukamiskin. Sebelum menetapkan sebuah keputusan, BK tidak diperbolehkan mengumumkannya kepada publik. Wakil Ketua BK Siswono Yudo Husodo mengungkapkan, semua anggota DPR memiliki hak untuk mengunjungi kawan atau saudara yang sedang ditahan. Namun, BK belum menetapkan tindakan Priyo tersebut melanggar etika atau tidak.

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X