Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ratusan Kentongan Iringi Jokowi Buka HUT Ke-486 DKI

Kompas.com - 02/06/2013, 09:35 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membuka perayaan hari ulang tahun ke-486 Kota Jakarta di Lapangan Pusat Industri Kreatif, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (2/6/2013) pagi. Pembukaan acara itu ditandai dengan pemukulan ratusan kentongan.

Pantauan Kompas.com, kentongan telah dibagikan kepada ratusan pengunjung yang ada. Tak hanya itu, Jokowi dan istrinya, Iriana, serta jajaran pejabat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta lain pun turut memegang kentongan di atas panggung. "Dengan mengucapkan bismillah, di Kelurahan Penggilingan, saya mencanangkan HUT Kota Jakarta yang ke-486," ujar Jokowi sambil memukul kentongan warna oranye berulang kali.

Seketika itu, ratusan orang yang datang pun ikut membunyikan kentongan tersebut sehingga suara pukulan itu turut memeriahkan acara pembukaan. Seusai membuka perayaan HUT DKI, Jokowi memberikan hadiah kepada warga secara acak. Secara bergantian, Jokowi beserta istri memberikan tiga pertanyaan kepada tiga orang warga. Ketiga warga itu pun mendapat tiga buah sepeda yang telah disiapkan panitia sebelumnya.

Acara di bawah cuaca terik tersebut turut dihadiri oleh sekitar 3.000 warga DKI. Tidak hanya itu, sejumlah pejabat, seperti Wali Kota Jakarta Timur HR Krisdianto, Ketua DPRD Ferial Sofyan, Plt Sekretaris Daerah Widyatmoko, serta pejabat lainnya, ikut hadir dalam acara tersebut. Kini, Jokowi tampak berkeliling ke sejumlah stan yang ada di lokasi tersebut. Rencananya, Jokowi akan turut membuka acara lomba panjat pinang yang pesertanya adalah warga sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com