Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Mulai Hapus Hukuman Rajam

Kompas.com - 31/05/2013, 14:56 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Iran secara resmi menghapus hukuman rajam atau dilempari batu sampai mati untuk para terpidana kasus-kasus percabulan. Hakim boleh memberikan bentuk hukuman baru sesuai revisi yang diumumkan, Kamis (30/5/2013).

Salah satu ayat dalam kitab undang-undang hukum Islam baru yang dipublikasikan pekan lalu menegaskan, bila pelaksanaan hukuman rajam tidak dimungkinkan, hakim berhak menjatuhkan bentuk hukuman lain yang disetujui kepala pengadilan.

Namun, tidak dijelaskan lebih rinci terkait kalimat "jika pelaksanaan hukuman rajam tidak dimungkinkan".

Di bawah interpretasi syariat Islam yang diberlakukan sejak Revolusi 1979, pelaku kejahatan seksual dijatuhi hukuman mati dengan cara dirajam.

Jika terpidana adalah perempuan, dia akan dikubur sebatas leher. Namun, jika si pelaku adalah pria, dia akan dikubur sebatas pinggang. Setelah dikubur, barulah para terpidana itu dilempari batu. Nyawa mereka akan diampuni jika para terpidana itu bisa melepaskan diri sebelum tewas.

Hukuman rajam terakhir dilaporkan pada 2009. Saat itu, seorang terpidana pria dirajam hingga tewas di kota Rasht, di wilayah utara Iran.

Setidaknya, 150 orang menjalani hukuman rajam sejak 1980. Demikian data yang disampaikan Komite Anti-Hukuman Rajam pada 2010.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com