Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KSAD Resmikan Pusat Latihan Militer di Simalungun

Kompas.com - 30/05/2013, 21:51 WIB
Kontributor Kompas TV, Tigor Munthe

Penulis

SIMALUNGUN, KOMPAS.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Letnan Jenderal (Letjen) Moeldoko meresmikan Simalungun Military Training Area (Simtra) seluas 8.140 hektar di Kecamatan Silou Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (30/5/2013).

Peresmian ditandai penandatangan prasasti didampingi Pangdam I BB Mayjen TNI Faulus F Lodewijk dan Bupati Simalungun JR Saragaih. Selain meresmikan Simtra, KSAD juga meninjau pelaksanaan karya bakti TNI Kodim 0207 Simalungun yang dilaksanakan di daerah tersebut.                

"Saya berharap daerah latihan ini harus dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya, sehingga memberikan kontribusi dalam meningkatkan profesionalitas prajurit dan kesiapan satuan yang berada di wilayah Kodam I/Bukit Barisan," katanya.

Moeldoko mengatakan, daerah latihan ini merupakan terluas kedua setelah Batu Raja. "Oleh karena itu, saya kagum akan keikhlasan masyarakat Simalungun yang memberikan medan latihan seperti ini, dan ini terluas kedua setelah Batu Raja. Di daerah latihan ini juga, ke depan akan kita laksanakan latihan bersama dengan negara luar," ujarnya.

Moeldoko juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Simalungun yang telah mengalokasikan anggaran Rp 9,6 miliar untuk pelaksanaan karya bakti di Kecamatan Silou Kahean dan Dolok Silou Kabupaten Simalungun dengan sasaran antara lain pembukaan jalan, skriping jalan, pengerasan jalan, pembuatan jembatan dan sarana lainnya.

Sementara itu, Bupati Simalungun JR Saragih mengatakan, sebelumnya pengadaan lahan latihah TNI AD telah disampaikan ke pemerintah pusat dan mendapat persetujuan dari Menteri Kehutanan. Menyinggung pelaksanaan karya bkati TNI, Saragih menyampaikan terima kasih kepada TNI yang telah melaksanakan kegiatan tersebut, karena hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam mengangkut hasil-hasil partanian. Sebab, selama ini masyarakat sangat kesulitan mengangkut hasil pertanian mereka.

"Dengan adanya kegiatan karya bakti TNI ini, tentunya akan memberikan kemudahan bagi masyarakat di daerah ini, terutama dalam mengangkut hasil-hasil pertanian mereka. Dan dari jalan yang dibuka oleh TNI ini akan memperpendek jarak tempuh dari ibu kota Kabupaten Simalungun Pamatang Raya menuju Bandara Kuala Namu," jelasnya.

Sebelumnya, dalam menyambut kedatangan KSAD dan rombongan, Bupati Simalungun bersama pengurus Partuha Maujana Simalungun (PMS) menyematkan seperangkat pakaian adat Simalungun kepada KSAD dan Pangdam I/Bukit Barisan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com