Kompas.com - 29/05/2013, 23:05 WIB
Penulis Icha Rastika
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Achmad Rozi mengungkapkan rencana Ahmad Fathanah untuk mempertemukan Direktur Utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman dengan Ridwan Hakim, anak Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera Hilmi Aminuddin. Rozi yang merupakan orang dekat Luthfi sekaligus pengacara Fathanah ini menyampaikan rencana Fathanah itu kepada Luthfi.

"Bu Elda sampaikan bahwa Ahmad Fathanah mau mempertemukan Ibu Elizabeth dengan Ridwan. Kemudian saya sampaikan ke Luthfi Hasan seperti itu," kata Rozi saat bersaksi dalam perkara suap kuota impor dengan terdakwa Arya Abdi Effendi dan Juard Effendi di Pengadilan Tipikor, Rabu (29/5/2013).

Namun, menurut Rozi, saat itu Luthfi tidak setuju jika Ridwan bertemu dengan pihak PT Indoguna. "Dia bilang enggak usah itu, enggak usah ada pertemuan Ibu Elizabeth dengan Ridwan," tuturnya.

Mengenai alasan Luthfi melarang pertemuan itu, Rozi mengaku tidak tahu karena Luthfi memang tidak menyampaikan kepadanya. Ihwal rencana Fathanah mempertemukan Elizabeth dengan Ridwan ini pun terungkap dalam rekaman percakapan antara Rozi dan pengusaha Denny Pramudia Adiningrat. Menurut rekaman pembicaraan itu, Rozi menyampaikan kepada Denny bahwa Luthfi yang akan "menangani" Ridwan sehingga tidak perlu ada pertemuan.

"Jadi gini, Kang, yang daging, oke Kang, biar Ridwan nanti dia yang di-handle. Untuk masalah dengan Ridwan, itu nanti Ustaz Luthfi saja yang handle Ridwan-nya," kata Rozi kepada Denny seperti dalam transkrip percakapan.

Rozi juga terdengar meminta Denny untuk mengulur-ulur waktu agar tidak terjadi pertemuan dengan Ridwan. "Jadi kalau nanti Fathanah eh Ollong itu minta ngatur pertemuan ya, kita ngulur-ngulur waktu aja. Nanti diaturin waktunya. Cari waktu yang pas. Karena kan setelah... Langsung ke Batam. Jadi kemungkinan dia belum manggil Ridwan kan. Jadi Ridwan urusan dia, enggak usah ditanggapin kalau mau ada meeting ya. Diulur-ulur saja," tutur Rozi seperti dalam rekaman.

Dalam persidangan ini, Rozi juga mengaku tidak mengetahui keterkaitan Ridwan dengan kepengurusan kuota impor daging sapi. "Kaitannya seperti apa, saya tidak dijelaskan oleh Ibu Elda," ujarnya.

Dia juga mengaku tidak tahu maksud perkataan Luthfi yang menyampaikan akan meng-handle Ridwan. "Saya tidak tahu, Pak Luthfi cuma bilang, ah enggak usah itu," kata Rozi.

Dalam persidangan sebelumnya, terungkap bahwa Elizabeth gagal bertemu dengan Ridwan. Menurut pengusaha Elda Devianne Adiningrat, Elizabeth tidak jadi bertemu dengan Ridwan karena ketidakcocokan waktu pertemuan.

Ketika itu, menurut Elda, dia dan Fathanah sudah merencanakan pertemuan di Kuala Lumpur, Malaysia. Karena tidak jadi bertemu Elizabeth, Ridwan pun hanya berbincang sebentar dengan Elda dan Fathanah di Kuala Lumpur. Menurut Elda, dalam pertemuan itu Ridwan menanyakan kemampuan PT Indoguna Utama jika ingin dibantu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.