Kompas.com - 29/05/2013, 18:21 WIB
Penulis Norma Gesita
|
EditorLaksono Hari W

JAKARTA, KOMPAS.com — Warga Kampung Srikandi RT 03 RW 07, Jatinegara Kaum, Pulogadung, Jakarta Timur, yang digusur pada Rabu (22/5/2013) pekan lalu, menolak pindah ke rumah susun yang ditawarkan oleh PT Buana Estate.

"Mereka enggak mau pindah ke rusun, katanya. Alasannya, ya, banyak. Ya, jangan tanya saya alasannya, tanya ke warga," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat mengunjungi warga Kampung Srikandi yang masih bertahan di kampung mereka, Rabu (29/5/2013).

Pria yang akrab disapa Jokowi ini mengatakan bahwa solusi yang dapat ia tawarkan untuk saat ini hanyalah menampung warga di 50 rusun yang tersisa di Pinus Elok, Cakung, Jakarta Timur. "Kalau mau, ya tinggal sisa 50 di Rusun Pinus Elok. Itu juga kalau mereka mau," ujar Jokowi.

Meski belum memiliki tempat tinggal baru, warga yang tergusur tetap bertahan di kawasan Kampung Srikandi sampai mereka mendapatkan tempat yang layak dari pihak berwenang. "Rusun itu enggak layak, kita maunya yang layak," kata Turja selaku Kepala RT 03 RW 07 Kampung Srikandi.

Setidaknya ada 90 kepala keluarga masih bertahan di Kampung Srikandi. Mereka mengancam akan membawa kasus penggusuran tersebut ke pengadilan jika mereka tetap tidak mendapatkan ganti rugi yang sesuai. Tanah seluas 5,5 hektar yang berada di Kampung Srikandi RT 03 RW 07 tersebut telah ditetapkan oleh Pengadilan Tinggi Jakarta Timur (PN Jaktim) sebagai milik PT Buana Estate sejak tahun 2009. Namun, eksekusi lahan tersebut baru dilaksanakan pada pekan lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.