Kompas.com - 29/05/2013, 13:41 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

SIDOARJO, KOMPAS.com — Selain menenggelamkan patung raksasa dan patung jalangkung, pada aksi peringatan tujuh tahun lumpur Sidoarjo, Rabu (29/5/2013), warga juga memasang monumen Tragedi Lumpur Lapindo.

Monumen dari batu cor tersebut dipasang di bibir kolam lumpur, tepatnya di bekas lokasi Desa Mindi, Kecamatan Porong, Sidoarjo. Monumen itu bertuliskan, "Lumpur Lapindo telah mengubur kampung kami, Lapindo hanya mengobral janji palsu. Negara abai memulihkan kehidupan kami. Suara kami tak pernah padam agar bangsa ini tidak lupa".

Menurut koordinator aksi, Catur Nusantara, monumen itu mengingatkan kepada semua pihak bahwa korban lumpur Sidoarjo akan selalu menuntut pemulihan kehidupan mereka yang telah hancur akibat lumpur. ''Semangat kami akan terus berkobar dan tidak akan padam,'' katanya.

Aksi juga diramaikan penampilan foto-foto kerusakan sarana permukiman dan infrastruktur akibat lumpur, aksi teatrikal berenang dalam lumpur, dan aksi musik jalanan oleh komunitas musik jalanan.

Dalam aksi solidaritas peringatan bencana lumpur Sidoarjo tahun ini, korban lumpur didukung oleh sejumlah elemen, di antaranya Walhi, UPC, Jatam, Sanggar Sahabat Anak, Sanggar Merah Merdeka, Sanggar Bocah Dolanan, dan puluhan komunitas dari sejumlah wilayah konflik tambang dari sejumlah provinsi.

Sebelumnya, masih dalam rangkaian peringatan tujuh tahun lumpur Sidoarjo, warga korban lumpur juga menggelar seminar dan diskusi tentang lumpur Sidoarjo di kampus Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.