Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Rp 15 Miliar Restorasi Rusun Pemberian Pusat

Kompas.com - 28/05/2013, 16:19 WIB
Andy Riza Hidayat

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membutuhkan paling tidak Rp 15 miliar, untuk memperbaiki rumah susun sewa yang dihibahkan pemerintah pusat.

Perbaikan ini meliputi sarana rusun yang sudah rusak karena termakan usia. Dana tersebut juga diperlukan untuk melengkapi fasilitas penunjang yang belum ada misal taman dan fasilitas sosial lain.

"Dananya sudah ada, kami akan perbaiki. Semoga akhir tahun ini sudah bisa dipakai," tutur Wiyatmoko, Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Selasa (28/5/2013) di Jakarta.

Menurut Wiryatmoko, setelah tidak terpakai bertahun-tahun, kondisi rusun perlu perbaikan serius. Beberapa sarana rusun seperti daun pintu, kamar mandi, dan cat tembok rusun sudah rusak. Pemerintah pusat menyelesaikan lima blok dari 14 rusun itu pada tahun 2006. Lantaran proses birokrasi yang lama, rusun belum bisa dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta.

Pemprov DKI Jakarta juga akan melengkapi setiap unit rusun dengan perlengkapan rumah tangga. Perlengkapan yang dimaksud tempat tidur, televisi, dan peralatan lain yang diperlukan. Sebagian anggaran penyediaan perlengkapan itu berasal dari bantuan dana kewajiban sosial perusahaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com