Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volatilitas Rupiah Beri Sentimen Negatif ke IHSG

Kompas.com - 28/05/2013, 09:07 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Indeks Harga Saham Gabungan akan mencoba bergerak menguat mengikis pelemahan sebelumnya, Selasa (28/5/2013).

Namun, volatilitas rupiah dengan kecenderungan melemah menjadi sentimen negatif bagi indeks. Setelah melemah signifikan pada perdagangan kemarin, mayoritas bursa Asia dibuka rebound pagi ini meski tipis hanya sekitar 0,3 persen merespon melemahnya nilai tukar Yen.

Sementara harga minyak masih relatif flat di level 93,8 dollar AS per barrel dan nilai tukar rupiah kembali bergerak volatil dengan dibuka melemah ke level Rp 9.820 per dollar AS.

Riset Samuel Sekuritas Indonesia memerkirakan meningkatnya volatilitas nilai tukar rupiah yang sempat menembus level Rp 9.845 per dollar AS dan terus naiknya yield SUN 10 tahun diperkirakan masih akan menjadi sentimen negatif bagi IHSG hari ini.

Meski berpotensi mengalami technical rebound pada sektor-sektor yang telah melemah signifikan kemarin, namun indeks diperkirakan masih akan bergerak melemah dan menguji dukungan di level 5.050.

Mayoritas bursa Eropa pada perdagangan semalam ditutup menguat merespon kembali melemahnya nilai tukar yen setelah sempat menguat hingga level 100,5 per dollar AS di sesi siang kemarin. Sementara bursa AS tutup karena libur memorial day.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com