Kompas.com - 27/05/2013, 21:30 WIB
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan Gita Wirjawan yang dikabarkan akan maju sebagai calon presiden belum berpikir untuk bersaing dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di pemilihan Presiden 2014-2019. Secara pribadi, Gita mengaku kagum dengan sosok Joko Widodo yang dekat dengan rakyat.

"Saya kagum sama Jokowi. Saya belum berpikir bersaing dengan dia," kata Gita seusai rapat bersama Komisi VI DPR, di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (27/5/2013).

Lebih jauh, Gita mengaku siap maju sebagai calon Presiden bila ada undangan dari Partai Demokrat melalui konvensi. Meski belum ada pembicaraan secara formal, tapi Gita mengaku sempat beberapa kali berbincang mengenai pencapresannya bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di forum-forum informal.

"Kalo memang bergulir, dicalonkan, saya siap jadi capres," ujarnya.

Untuk diketahui, sosok Jokowi Gita dinilai sebagai kandidat yang tepat untuk maju sebagai calon presiden. Kedua sosok ini dianggap pantas ikut dalam bursa konvensi Partai Demokrat. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan sempat menyampaikan akan membuka pintu untuk kedua sosok tersebut.

Ramadhan menilai sosok Jokowi, selain memiliki elektabilitas tinggi, juga memiliki penampilan yang mendukung untuk menjadi sosok capres. Hal yang sama, kata Ramadhan, juga dimiliki sosok Gita Wirjawan. Namun, Ramadhan menilai sosok Gita masih belum terekspos ke publik. Menurut Ramadhan, kehadiran dua sosok calon presiden ini bisa lebih membawa harapan dibandingkan hadirnya para calon yang sudah "tua".

Partai Demokrat memutuskan melakukan konvensi untuk menjaring kandidat calon presiden. Saat ini, tim seleksi tengah dibentuk dan akan diumumkan pada Juni 2013. Baik calon internal maupun eksternal diperkenankan mendaftar sebagai kandidat capres.

Partai Demokrat akan menetapkan kriteria tertentu untuk menjaring setidaknya 15 calon. Setelah itu akan ada tahapan kampanye ke daerah-daerah, dan dilanjutkan dengan survei.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.