Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusakan Kotak Suara di Cilacap Masih Ditelusuri

Kompas.com - 26/05/2013, 14:00 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

CILACAP, KOMPAS.com — Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, menyelidiki perusakan kotak suara di TPS 05, Desa Kuripan, Kecamatan Kesugihan. Selain itu, juga ditemukan amplop surat suara yang sobek.

Anggota Panwaslu Cilacap, Bachtiar Hastiarso, mengatakan, pihaknya mendapat laporan perusakan kotak suara dari Panwas Kecamatan Kesugihan. "Perusakan diperkirakan terjadi Sabtu pukul 18.30 WIB. Saat itu, para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara sedang shalat magrib," kata Bachtiar, Minggu (26/5/2013).

Bachtiar menjelaskan, selepas menunaikan shalat dan kembali ke lokasi TPS, petugas menemukan salah satu kotak yang berisi surat suara dan logistik lainnya dalam kondisi terbuka dan kuncinya rusak. Amplop berisi surat suara pilkada Jawa Tengah dalam keadaan sobek.

Selanjutnya, pihak KPPS segera berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Surat suara dan amplop pun dihitung ulang disaksikan unsur pimpinan kecamatan setempat. Hasilnya, setelah dihitung ulang, tidak ada logistik yang hilang. "Tapi kami menyayangkan kejadian tersebut. Artinya, penyelenggara pemilu tidak menjaga kotak suara sebagaimana mestinya," tambahnya.

Semestinya, kata Bachtiar, tetap ada petugas yang berjaga di TPS saat petugas lainnya melaksanakan shalat. Apalagi lokasi tersebut merupakan tempat terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com