Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Djokovic Akan Cegat Nadal

Kompas.com - 26/05/2013, 02:54 WIB

Paris, Sabtu - Rafael Nadal yang sudah bangkit dari cedera selama tujuh bulan bersiap merebut gelar juara Grand Slam Perancis Terbuka untuk kedelapan kalinya. Namun, Novak Djokovic akan menjadi batu sandungan utama di semifinal.

 

Cedera membuat Nadal melewatkan Grand Slam Australia Terbuka di awal musim kompetisi 2013. Petenis Spanyol itu memulai langkah di turnamen-turnamen kecil lapangan tanah liat dan terus menanjak ke turnamen lebih besar.

Grafik penampilan Nadal terus menanjak dengan merebut enam gelar juara, dari delapan kali final yang dijalani. Dalam beberapa minggu terakhir, Nadal menjuarai turnamen ATP Masters di Madrid dan Roma.

Hal itu membuatnya ingin tampil maksimal di Perancis Terbuka. ”Bermain di Roland Garros selalu memberi saya perasaan khusus. Saya merasa sangat emosional setiap kembali ke sini,” komentar Nadal, Sabtu (25/5).

Nadal tidak secara spesifik mengatakan targetnya di Perancis Terbuka. Namun, mencetak rekor juara delapan kali dalam satu turnamen Grand Slam adalah tantangan yang sangat menggoda bagi petenis yang akan berusia 27 tahun pada 3 Juni nanti.

Sampai saat ini, tidak ada petenis yang mampu memenangi satu turnamen Grand Slam sampai delapan kali. William Renshaw, Pete Sampras, dan Roger Federer pernah tujuh kali memenangi Wimbledon.

Bill Larned, Bill Tilden, dan Richard Sears juga pernah tujuh kali menjuarai AS Terbuka. Roy Emerson hanya enam kali menjuarai Australia Terbuka.

Jika tahun ini mampu menjadi juara di Perancis Terbuka, Nadal akan menjadi pemegang rekor juara terbanyak dalam satu turnamen Grand Slam.

Hadangan Djokovic

Namun, rekor itu tidak akan mudah dicetak tahun ini. Petenis peringkat satu dunia, Novak Djokovic, akan menghadangnya di semifinal. Djokovic yang menjadi lawan Nadal di final Perancis Terbuka 2012 itu berada satu pul dengan Nadal dalam undian yang digelar Jumat (24/5), sehingga mereka berpeluang berjumpa di semifinal bukan di final.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com