Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswi Makassar Bantah Terima Dana Fathanah

Kompas.com - 23/05/2013, 20:40 WIB
Kontributor Makassar, Hendra Cipto

Penulis

MAKASSAR, KOMPAS.com - Elsya Putri Adiyanti (19), warga Kompleks Maizonet, Bougenvile Raya, Makassar, angkat bicara, setelah namanya masuk dalam daftar perempuan yang diduga menerima aliran dari tersangka kasus dugaan korupsi daging sapi impor Ahmad Fathanah, orang dekat mantan Presiden Partai Keadilan Sejahtera Lutfhi Hasan Ishaaq.

Dalam konferensi pers yang digelar di Makassar, Kamis (23/5/2013), mahasiswa jurusan Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin membantah telah menerima dana dari Fathanah. Pada kesempatan itu Elsya didampingi ayahnya, Mulyadi (45), dan kakaknya, Erlan (20),

Mulyadi menjelaskan, dia justru yang menyuruh putrinya itu mentransfer uang ke rekening Fathanah pada 14 Juni 2012. Uang itu ditransfer secara bertahap melalui rekening di Bank Mandiri cabang Toddopili, Makassar.

"Jadi anak saya tidak menerima uang dari Ahmad Fathana, melainkan Elsya yang mengirimkan uang atas perintah saya. Uang yang dikirimkan Elsya sebanyak Rp 2 miliar ke rekening Bank Mandiri, atas petunjuk Wali Kota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, untuk kepentingan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel beberapa waktu lalu. Saya kan salah satu tim sukses pak Ilham, saat mencalonkan sebagai calon Gubernur Sulsel," kata Mulyadi, yang merupakan pengusaha tambang di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Mulyadi menambahkan, sebulan yang lalu dia diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Polrestabes Makassar. "Saya ditanya penyidik KPK, apakah saya kenal sama dengan Ahmad Fathana. Jadi saya bilang tidak kenal. Jadi saya jelaskan soal pengiriman dana Rp 8 miliar ke rekening Ahmad Fathana atas perintah Ilham Arief Sirajuddin untuk kepentingan Pilgub Sulsel," ungkapnya.

Berita-berita terkait bisa diikuti di topik khusus: SKANDAL SUAP IMPOR DAGING SAPI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com