Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahap Awal, Moeldoko Evaluasi Pendidikan Prajurit

Kompas.com - 22/05/2013, 20:34 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letnan Jenderal Moeldoko mengatakan, langkah awal yang akan dia lakukan adalah mengevaluasi pendidikan untuk prajurit TNI AD. Jika ada pendidikan yang kurang tepat, pihaknya akan mengubah agar tidak ada lagi penyimpangan yang dilakukan prajurit TNI AD.

"Saya akan evaluasi dengan serius di bidang pendidikan. Kita lihat kembali apakah ada sesuatu yang kurang pas saat mereka dijadikan prajurit pertama kali. Saya ingin melakukan perubahan di bidang kultur prajurit," kata Moeldoko seusai dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Rabu (22/5/2013).

Hal itu dikatakan Moeldoko ketika dimintai tanggapan rentetan penyimpangan yang dilakukan para prajurit TNI AD. Tiga peristiwa yang menjadi sorotan belakangan ini, yakni pembakaran Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan; pembunuhan empat tahanan di Lapas Cebongan, DI Yogyakarta; serta penganiayaan staf PDI Perjuangan di Kantor DPP PDIP di Jakarta.

Ketika disinggung penanganan kasus Cebongan, Moeldoko mengatakan, perkara tersebut akan masuk ke peradilan militer. Pihaknya tidak akan mengintervensi proses peradilan. "Tidak ada sedikit pun yang kita tutupi," ucapnya.

Selain melihat pendidikan, Moeldoko mengaku akan memelihara dan meningkatkan profesionalitas prajurit serta meningkatkan alutsista. Ia juga akan menjaga netralitas TNI dalam Pemilu 2014.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com