Kompas.com - 21/05/2013, 14:59 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Chatib Basri berharap pembahasan Rancangan APBN Perubahan 2013 bersama Dewan Perwakilan Rakyat bisa berjalan cepat. Dengan demikian, hal ini dapat memberikan kepastian ekonomi makro Indonesia, khususnya terkait rencana kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

"Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama (dibahas) sehingga kebijakan ini bisa diambil dan memberikan kepastian kepada investasi Indonesia," kata Chatib seusai dilantik oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta, Selasa (27/5/2013).

Jero mengatakan, ia akan mulai ikut membahas RAPBN-P 2013 di Badan Anggaran DPR, Rabu (22/5/2013). Untuk mengatasi dampak dari kenaikan harga BBM, katanya, harus ada kebijakan pemberian bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) agar masyarakat miskin dapat bertahan.

"Orang sering katakan beri kail, kemudian ikan. Tetapi kalau seketika itu harus makan dulu gimana? Jangan Anda harap orang kerja jika lapar. Jadi bantuan yang sifatnya sementara dan langsung itu harus," kata Chatib.

Chatib menambahkan, pemerintah memperkirakan akan terjadi kenaikan inflasi 7 persen ketika harga Premium naik menjadi Rp 6.500 per liter dan Solar Rp 5.500 per liter. Dampaknya, harga pangan akan naik. Untuk itu, Chatib berharap semua pihak mendukung kebijakan BLSM.

"Tentunya kita dengan berbesar hati akan mendukung subsidi diberikan kepada yang berhak. Saya kira siapa pun akan sangat mendukung bisa orang miskin diberikan perlindungan," kata Chatib.

Seperti diberitakan, kebijakan BLSM sempat ditentang oleh politisi DPR. Kebijakan itu dicurigai akan digunakan untuk pencitraan parpol pemerintah menjelang Pemilu 2014, seperti kebijakan bantuan langsung tunai (BLT) menjelang Pemilu 2009. Pemerintah sudah berkali-kali membantah tudingan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.