Dana Kampanye Dibatasi, Caleg Lebih Berkualitas

Kompas.com - 21/05/2013, 10:39 WIB
Penulis Dani Prabowo
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengamat politik dari Charta Politika Yunarto Wijaya menilai, Komisi Pemilihan Umum (KPU) perlu membatasi pengeluaran dana kampanye yang akan dikeluarkan oleh setiap bakal calon anggota legislatif. Pasalnya, pembatasan dana kampanye dapat memicu kampanye yang lebih berkualitas.

"Ketika secara kuantitatif dana kampanye lebih dibatasi, di situ akan terjadi kualitatif kampanye caleg," kata Yunarto kepada Kompas.com, Selasa (21/5/2013).

Yunarto menjelaskan, regulasi pembatasan dana kampanye akan memberikan kesempatan yang sama bagi bakal caleg lain yang tidak memiliki dana kampanye besar, namun memiliki kualitas pemahaman politik yang lebih baik. Selain itu, peraturan tersebut dapat menekan angka money politics yang biasa terjadi pada saat kampanye berlangsung.

Namun demikian, meskipun nantinya KPU membuat aturan mengenai pembatasan dana kampanye, Yunarto ragu apakah peraturan tersebut akan berjalan secara optimal atau tidak. Hal itu disebabkan, pelaksanaan Pemilu 2014 tidak akan jauh berbeda dengan pelaksanaan Pemilu 2009 lalu, yang menggunakan mekanisme proporsional terbuka. Artinya, setiap bakal caleg dapat bertarung secara bebas pada saat kampanye berlangsung.

"Saya lihat regulasi pembatasan dana kampanye seperti pilkada, termasuk pemasangan iklan, itu tidak jelas pengaturannya. Belum lagi terkait mekanisme kontrol dan sanksi yang tidak optimal yang diberikan KPU kepada partai politik maupun bakal caleg yang melanggar aturan," jelasnya.

Baca tentang


    Rekomendasi untuk anda
    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X