Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Jokowi dan Gita Wirjawan Jadi Pembaca Berita...

Kompas.com - 20/05/2013, 20:56 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemandangan unik tersaji di Studio I SCTV di Lantai I Senayan City, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2013). Tidak diduga-duga, dua tokoh yang tengah disorot publik, yakni Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dan Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, tampil sebagai presenter berita di acara tersebut.

Jokowi tampil dengan gaya sederhana. Ia mengenakan kemeja putih lengan panjang yang dilipat di bagian lengan, sama seperti kemeja yang sering digunakannya ketika blusukan. Adapun Gita mengenakan kemeja putih dengan lapis jaket semijas dengan resleting terbuka hingga dada. Keduanya cukup lancar membacakan berita tentang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat mengumumkan Menteri Keuangan RI dan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru.

Mungkin karena tak terbiasa membawakan berita di depan kamera, di sela-sela acara itu sempat terjadi kesalahan prosedur antara Gita dan Jokowi. Keduanya sempat salah melihat kamera setelah membacakan berita. Sementara kamera telah berganti dari close up menjadi kamera berlensa lebar, keduanya masih menatap kamera berlensa close up. Namun, mereka sigap dan langsung memindahkan pandangan.

Seusai membacakan dua berita tersebut, kedua tokoh itu mendapat sambutan meriah dari awak media yang menonton di sekitar studio. Mereka mendapat tepuk tangan dari awak media. Kedua tokoh itu menyambutnya dengan tawa.

Saat ditanya tanggapannya, Jokowi mengaku kesulitan dalam membacakan berita, meski ada layar teleprompter yang memperlihatkan teks yang harus dibaca oleh presenter. "Deg-degan, takut ada yang keliru-keliru. Padahal, kan tadi sudah di-briefing, jadi kemringet (keringatan) bacanya," ujar Jokowi sembari tertawa.

Keberadaan kedua tokoh tersebut merupakan bagian dari acara salah satu program berita di stasiun televisi SCTV. Kedua tokoh didaulat sebagai pembaca berita yang tayangannya disiarkan secara langsung. Sayangnya, kedua tokoh itu hanya sebentar membacakan berita di studio.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com