Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buka Kotak Suara Hasil Pilkada Bali, PPK Dilaporkan Ke Polisi

Kompas.com - 18/05/2013, 22:21 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR.KOMPAS.com- Salah seorang saksi melaporkan petugas Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Negara, Jembrana ke polisi karena membuka kotak suara yang sudah disegel. Dari hasil pemeriksaan awal petugas PPK tersebut membuka kotak suara untuk mengambil formulir C1 yang tertinggal di dalamnya.

"Kotak suara dari desa ke kecamatan dibuka disaksikan oleh masing-masing saksi, kemudian dilaporkan oleh saksi asli di TPS," ujar Koordinator hukum dan penanganan pelanggaran Panwaslu Bali, Ketut Sunadra saat ditemui di Kantor KPU Bali, Sabtu (18/5/2013).

Petugas PPK terpaksa membuka kota suara karena formulir C1 yang akan dikirim ke KPU Kabupaten tertinggal di dalamnya. Sebenarnya PPK telah meminta saksi kedua pasangan calon untuk menyaksikanya. Namun saksi yang diminta untuk menyaksikan bukan saksi yang bertugas di TPS saat pemungutan suara 15 Mei lalu.

Hal inilah yang membuat saksi saat pemungutan suara merasa ada kejanggalan dan melaporkannya ke polisi. "Panwas sesuai aturan tidak boleh dibuka, mudah-mudahan bisa diselesaikan," kata Ketua KPU Bali Ketut Sukawati Lanang Putra Perbawa di Kantornya.

Panwaslu setempat masih melakukan investigasi kasus ini dan jika ditemukan ada perubahan dari hasil penghitungan, pelaku dapat dikenakan tindak pidana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com