Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minta Prajurit Marinir Pegangi Payung, Obama Langgar Aturan

Kompas.com - 17/05/2013, 20:40 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Meskipun Presiden Barack Obama adalah panglima tertinggi angkatan bersenjata Amerika Serikat, tetap saja ada beberapa hal yang tidak bisa dia lakukan terhadap militer, khususnya terhadap Korps Marinir.

Saat menjamu Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan di Rose Garden, Jumat (17/5/2013), ada kejadian yang amat langka.

Saat Obama akan berpidato, ternyata hujan rintik-rintik turun. Obama meminta seorang prajurit marinir yang berdiri di sampingnya  membuka payung untuk melindunginya dari hujan.

Obama melakukan itu tanpa "meminta" izin kepada Komandan Korps Marinir AS.

Menurut aturan Korps Marinir AS, seorang prajurit marinir dalam seragam resmi lengkap tidak diperkenankan membawa payung.

Aturan itu juga menyebut tidak boleh ada perintah apa pun dari pejabat mana pun yang bertentangan dengan peraturan ini tanpa izin dari Komandan Korps Marinir.

Bahkan, prajurit marinir pria sejak awal pelatihan sudah ditanamkan tidak diperbolehkan membawa payung.

Namun, prajurit marinir perempuan masih diperkenankan membawa payung asalkan berwarna hitam polos dan dibawa di tangan kiri sehingga tangan kanan mereka bebas saat harus memberikan hormat.

Patut ditunggu reaksi Korps Marinir AS atas pelanggaran aturan yang dilakukan panglima tertingginya ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com