Kompas.com - 15/05/2013, 15:24 WIB
Penulis Sandro Gatra
|
EditorHindra

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kembali mengingatkan semua instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah, untuk memberi contoh baik dalam mengonsumsi energi dengan cara menghemat dan efisien. Jajaran pemerintah diminta ikut membantu dalam penyelesaian masalah keterbatasan migas.

"Saya minta kepada seluruh jajaran pemerintah untuk terus menggalakkan penggunaan bahan bakar gas untuk kegiatan operasional kendaraan dinasnya," kata Presiden ketika membuka Konvensi dan Pameran Indonesian Petroleum Association (IPA) ke-37 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (15/5/2013).

Presiden juga meminta agar produksi minyak dan gas bumi (migas) dalam negeri ditingkatkan dengan mengedepankan penguasaan teknologi modern. Sumber migas baru harus ditemukan. Perlu juga memperluas diversifikasi energi non-konvensional, seperti Coal Bed Methane serta migas serpihak.

"Diversifikasi energi juga kita terapkan dengan meningkatkan produktivitas serta memperluas pemanfaatan gas bumi. Kita terus melanjutkan pengalihan pemakaian bahan bakar minyak ke gas, utamanya rumah tangga dan transportasi. Diharapkan dapat mengubah struktur APBN, utamanya bagi pengurangan ketergantungan terhadap minyak bumi," kata Presiden.

Langkah menyelesaikan masalah migas, tambah Presiden, memperluas kerja sama dengan negara lain. Saat ini, kata Presiden, terjadi pergeseran transaksi migas internasional. Ke depan, pasar Asia diprediksi akan menyerap lebih banyak minyak dibanding dunia Barat.

"Kondisi ini tentu mempengaruhi kecenderungan fluktuasi harga minyak internasional yang selama ini lebih ditentukan oleh kegiatan industri negara-negara barat," kata Presiden.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.