Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampu yang Bikin Imajinasi "Liar" dalam Kamar

Kompas.com - 15/05/2013, 12:04 WIB
Tabita Diela,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi Anda penggemar lampu-lampu unik, kemungkinan besar akan tertarik dengan lampu ini. Lampu yang tampak luar biasa ini bernama "Forms in Nature" (Bentuk-bentuk di Alam).

Ketika menyala, ia akan memunculkan bayangan menyerupai ranting dan pohon-pohon di dalam hutan. Bayangan-bayang yang dihasilkan oleh lampu tersebut akan memenuhi seluruh ruangan. Seketika, ruangan tersebut akan penuh dengan bentuk-bentuk menyerupai ranting, batang, dan akar pohon. Semakin terang cahaya, bentuk yang dihasilkan juga akan semakin jelas.

Sementara itu, ketika lampu dengan sengaja dibuat remang-remang, lampu gantung akan memproyeksikan bentuk yang mirip dengan penampakan api di tengah hutan. Kesan yang ditimbulkan oleh lampu ini benar-benar tergantung dari imajinasi "liar". Anda bisa melihatnya sebagai impresi hutan magis yang luar biasa, atau justeru sangat menyeramkan.

Apapun yang Anda bayangkan, pada kenyataannya lampu ini merupakan proyek desainer Hilden&Diaz. Para desainer terinspirasi dari gambar karya ahli biologi Jerman, Ernst Haeckel (1834-1919). Mereka menciptakan bentuk simetris di sekeliling sumber cahaya. Sehingga, ketika sedang tidak dinyalakan, lampu ini hampir membentuk lingkaran dengan detail yang rumit.

Sayangnya, saat ini proyek lampu gantung tersebut masih merupakan sebuah konsep dan belum dijual bebas. Dalam blog milik para desainer, piodiaz.wordpress.com disebutkan, siapa pun yang menginginkan lampu tersebut dapat langsung menghubungi mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com