Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Fathanah di Pesona Khayangan Sempat Tak Laku

Kompas.com - 13/05/2013, 10:44 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

DEPOK, KOMPAS.com — Sebelum dibeli Ahmad Fathanah, rumah yang terletak di Kompleks Pesona Khayangan, Jalan Margonda, Depok, Jawa Barat, ternyata sempat tidak laku dijual karena terlampau mahal. Menurut Tuyup, salah seorang warga yang tinggal di kompleks tersebut, selama empat tahun rumah tersebut kosong, sebelumnya akhirnya dibeli oleh Fathanah.

"Dibangun lima tahun yang lalu oleh developer. Pas udah jadi, lama kosong karena enggak ada yang beli karena mahal. Pasaran awalnya empat tahun lalu udah mulai Rp 3,5 miliar sampai akhirnya laku Rp 6 miliar kan," kata Tuyup saat dijumpai pada Senin (13/5/2013).

Mahalnya rumah milik Fathanah itu, menurut Tuyup, karena rumah tersebut merupakan rumah dengan tipe paling tinggi dibanding rumah lainnya di blok perumahan itu. Pengembang sengaja membangun rumah tersebut lebih besar dibanding rumah di sekitarnya karena lahan yang tersedia cukup luas.

"Di sekitar sini punya warga yang rata-rata (luas tanah) 220 dan 162. Rumah ini (milik Fathanah) yang 545 makanya paling mahal. Dulu cuma tanah kosong, tapi karena di pojok makanya tanahnya luas," ujar Tuyup yang telah 12 tahun tinggal di rumah itu. Saat ini, di depan rumah bercat coklat itu kini terdapat tanda penyegelan dari KPK.

Rumah Fathanah terletak di Kompleks Pesona Khayangan yang merupakan salah satu perumahan elite di Depok. Meskipun terletak di kompleks perumahan elite, rumah Fathanah di Blok BS merupakan blok untuk perumahan tipe menengah, yang berada jauh ke dalam. Hal itu menyebabkan rumah Fathanah terlihat paling mencolok dibanding rumah warga di sekitarnya.

KPK sejauh ini telah menyita tiga aset Fathanah di Depok. Selain rumah itu, KPK juga menyita salah satu apartemen milik Fathanah di Apartemen Margonda dan satu rumah yang terletak di Kompleks Pesona Depok di Jalan Raya Citayam yang ditempati oleh mertuanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com