Jokowi: E-KTP Saya Juga Sering Difotokopi

Kompas.com - 10/05/2013, 13:33 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketidaktahuan bahwa e-KTP tak boleh difotokopi rupanya tak hanya dialami masyarakat umum. Bahkan, pejabat sekelas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo pun mengaku tidak mengetahuinya.

"Saya juga enggak tahu, e-KTP saya saja sering difotokopi," ujarnya sambil tertawa di gedung Balaikota, Jakarta Pusat, Jumat (10/5/2013).

Mantan Wali Kota Surakarta itu mengaku belum mengetahui jelas surat edaran Mendagri Nomor 471.12/1826/SJ, 11 April 2013 lalu bahwa e-KTP tidak boleh difotokopi, distapler dan diperlakukan buruk hingga merusak fisik kartu. Terlebih, Jokowi pun belum mengetahui soal pengadaan mesin pembaca e-KTP di setiap instansi pemerintah guna menjadi alat bantu kevaliditasan e-KTP milik orang tertentu itu.

"Beneran, saya belum tahu. Ya mau bagaimana lagi dong," lanjut Jokowi sambil terus tertawa.

Sebelumnya, Surat Edaran Mendagri Nomor 471.12/1826/SJ yang dikeluarkan 11 April 2013 menjelaskan bahwa e-KTP tidak boleh difotokopi, distapler, dan diperlakukan buruk, hingga merusak fisik kartu. Sebagai pengganti, cukup dicatat Nomor Induk Kependudukan (NIK) serta nama lengkap warga yang bersangkutan.

Hal tersebut pun menimbulkan kekecewaan di masyarakat. Ada beberapa warga yang kecewa lantaran informasi tersebut tidak diberitahu sejak awal. Pasalnya, ada warga yang telah memotokopi e-KTP sehingga menyebabkan fisik kartu tersebut sedikit rusak.

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X