Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kongo Jawab Demo Buruh dengan "Loker"

Kompas.com - 01/05/2013, 16:56 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Republik Demokratik Kongo menjawab demo buruh pada 1 Mei 2013 dengan menciptakan 13.000 loker alias lowongan pekerjaan. Menteri Tenaga Kerja Kongo Modeste Bahati Lukwebo mengatakan sampai kini sejak setahun silam, sudah tersedia, persisnya, 13.552 loker.

Catatan sebagaimana warta AP pada hari ini menunjukkan kalau Lukwebo juga memerinci loker tersebut. Ada 1.925 loker di sektor pertanian. Lalu, tersedia 2.558 loker di sektor industri. Terakhir, ada 9.069 loker di sektor jasa.

Kendati begitu, Lukwebo mengakui masih ada jurang lebar antara generasi kerja dengan populasi pengangguran."Kita masih butuh banyak kerja keras untuk memperkecil jumlah pengangguran, khususnya di kalangan kaum muda,"kata Lukwebo di Kinshasa.

Sementara itu, laporan Program PBB untuk Pembangunan (UNDP) menunjukkan angka pengangguran pada penduduk berusia 15-24 tahun di Kongo memang masih menjadi problem besar. Tingkat pengangguran di kelompok itu 32,23 persen. Angka tersebut justru lebih tinggi dari pada rerata nasional Kongo di posisi 17,8 persen.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com