Kompas.com - 30/04/2013, 22:08 WIB
EditorAgus Mulyadi

CIBINONG, KOMPAS.com - Bupati Bogor Rachmat Yasin mengharapkan, petugas perlindungan masyarakat (Linmas) ada di seluruh desa di daerah yang dipimpinnya.

"Linmas perempuan seperti di Desa Cimanggis harus jadi pilot project, sehingga di seluruh desa anggota Linmas terdiri atas laki-laki dan perempuan," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/4/2013).

"Sehingga ada keseimbangan potensi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan," tambahnya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-63 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-51 di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong.

Pihaknya mengapresiasi bahwa di Kabupaten Bogor ada anggota Linmas perempuan.
"Ini menandakan kebangkitan perempuan di tingkat desa," katanya menegaskan.

Dalam kesempatan itu, bupati meminta masyarakat dapat memperlakukan Linmas secara dewasa. Wujud dari sikap dewasa dimaksud, kata dia, seperti jangan menjadikan petugas Linsma seperti tukang parkir dan mengangkut piring kotor.

"Mereka adalah pelindung masyarakat, dan memiliki tugas membantu aparat Polri dan TNI di tingkat kecamatan dan desa untuk menjaga keamanan dan ketertiban,
serta menjaga wibawa pemerintah daerah," katanya.

Rachmat Yasin menyatakan, dia memberikan penghargaan kepada Linmas, karena perlindungan masyarakat merupakan tugas yang sangat berat. "Saya berikan penghargaan karena Linmas dan Satpol PP telah berhasil mengamankan Pilkada Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bogor, yang tentunya di bawah koordinasi Polri dan TNI," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ironisnya, jangankan honor, kadang seragam pun lima tahun sekali baru ganti," tambahnya.

Untuk itu, dirinya memminta Kasatpol PP untuk segera memikirkan untuk memanusiakan Linmas dan Satpol-PP. "Tunjangan setiap bulan pun akan kita perhatikan, kalau perlu kita buat Perda tentang tunjangan bagi aparat di desa-desa ini. Jumlah Polri dan TNI di tingka Koramil dan Polsek masih kurang, tanpa dibantu Satpol PP dan Linmas akan kesulitan," katanya.

Dalam peringatan HUT Satpol-PP dan Linmas itu, bupati menyematkan tanda pangkat pada pakaian dinas Satpol PP yang sesuai dengan Permendagri. Selain itu, juga menyerahkan bantuan kepada 63 anak yatim.

Sumber: Antara

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.