Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bupati Harapkan Seluruh Desa Ada Linmas

Kompas.com - 30/04/2013, 22:08 WIB

CIBINONG, KOMPAS.com - Bupati Bogor Rachmat Yasin mengharapkan, petugas perlindungan masyarakat (Linmas) ada di seluruh desa di daerah yang dipimpinnya.

"Linmas perempuan seperti di Desa Cimanggis harus jadi pilot project, sehingga di seluruh desa anggota Linmas terdiri atas laki-laki dan perempuan," katanya di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (30/4/2013).

"Sehingga ada keseimbangan potensi masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan," tambahnya pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) ke-63 dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) ke-51 di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong.

Pihaknya mengapresiasi bahwa di Kabupaten Bogor ada anggota Linmas perempuan.
"Ini menandakan kebangkitan perempuan di tingkat desa," katanya menegaskan.

Dalam kesempatan itu, bupati meminta masyarakat dapat memperlakukan Linmas secara dewasa. Wujud dari sikap dewasa dimaksud, kata dia, seperti jangan menjadikan petugas Linsma seperti tukang parkir dan mengangkut piring kotor.

"Mereka adalah pelindung masyarakat, dan memiliki tugas membantu aparat Polri dan TNI di tingkat kecamatan dan desa untuk menjaga keamanan dan ketertiban,
serta menjaga wibawa pemerintah daerah," katanya.

Rachmat Yasin menyatakan, dia memberikan penghargaan kepada Linmas, karena perlindungan masyarakat merupakan tugas yang sangat berat. "Saya berikan penghargaan karena Linmas dan Satpol PP telah berhasil mengamankan Pilkada Jawa Barat dan Pemilihan Kepala Desa di Kabupaten Bogor, yang tentunya di bawah koordinasi Polri dan TNI," katanya.

"Ironisnya, jangankan honor, kadang seragam pun lima tahun sekali baru ganti," tambahnya.

Untuk itu, dirinya memminta Kasatpol PP untuk segera memikirkan untuk memanusiakan Linmas dan Satpol-PP. "Tunjangan setiap bulan pun akan kita perhatikan, kalau perlu kita buat Perda tentang tunjangan bagi aparat di desa-desa ini. Jumlah Polri dan TNI di tingka Koramil dan Polsek masih kurang, tanpa dibantu Satpol PP dan Linmas akan kesulitan," katanya.

Dalam peringatan HUT Satpol-PP dan Linmas itu, bupati menyematkan tanda pangkat pada pakaian dinas Satpol PP yang sesuai dengan Permendagri. Selain itu, juga menyerahkan bantuan kepada 63 anak yatim.

Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com