Kompas.com - 29/04/2013, 15:59 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com — Polda Metro Jaya akan mengawal aksi buruh pada 1 Mei 2013 nanti. Buruh diingatkan agar tidak mengganggu fasilitas umum.

Hal ini disepakati para pemimpin serikat buruh yang bertemu dengan pihak Polda Metro Jaya. Buruh dilarang keras mengganggu jalur transjakarta dan masuk ke jalan tol.

"Mereka (buruh) menyanggupi tidak menutup jalan tol, sepeda motor tidak masuk jalan tol, dan mereka tidak akan mengganggu busway," kata Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Sambodo Purnomo, di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/4/2013).

Pola pengamanan yang dilangsungkan, kata Sambodo, seperti pengaturan lalu lintas, penjagaan lalu lintas, patroli, penerangan, dan buka tutup atau alih arus lalu lintas. Jika ada buruh yang melanggar, polisi akan menindak tegas gangguan-gangguan lalu lintas.

"Iya, karena mereka akan melanggar janjinya sendiri," ujar Sambodo.

Menurutnya, untuk kesatuan polisi lalu lintas yang dikerahkan dari Polda Metro Jaya, ada sekitar 1.200 orang untuk penanganan lalu lintasnya. Mereka akan diterjunkan pada titik-titik tertentu yang menjadi konsentrasi buruh sehingga sarana prasarana transportasi dan juga kendaraan publik tetap berjalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.