Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapolda: 23.000 Polisi Amankan Demo 1 Mei

Kompas.com - 29/04/2013, 09:58 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Peringatan Hari Buruh sedunia yang akan jatuh pada tanggal 1 Mei akan mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, Polda Metro Jaya akan menerjunkan puluhan ribu personelnya agar jalannya peringatan Hari Buruh sedunia itu berlangsung aman dan tertib.

"Untuk personel ada 23.000," kata Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/4/2013).

Menurut Putut, titik fokus pengamanan kepolisian mencakup wilayah Sudirman-Thamrin sampai dengan Istana Negara. Personel yang diterjunkan itu, katanya, untuk melayani para buruh yang akan melakukan aksi dalam artian memberikan pengamanan dan pengawalan berlangsungnya aksi.

"Mereka akan melaksanakan perayaan, kami sebagai aparat keamanan akan melayani kegiatan itu, memberikan pengamanan, pengaturan lalu lintas, dan pengawalan," ujar Putut.

Mengenai pastinya jumlah buruh yang akan melakukan aksi, dia mengatakan belum memastikan jumlahnya. Koordinasi dengan para pemimpin serikat buruh, kata Kapolda, sudah dilakukan dengan kepolisian agar menyepakati aksi unjuk rasa dilangsungkan secara damai dan tidak anarkistis. "Mereka berjanji tidak melakukan kekerasan. Besok saya akan melakukan jumpa pers," kata Kapolda.

Berita terkait, baca:

DEMO BURUH

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com