Kompas.com - 29/04/2013, 09:58 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Peringatan Hari Buruh sedunia yang akan jatuh pada tanggal 1 Mei akan mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian. Khusus untuk wilayah DKI Jakarta, Polda Metro Jaya akan menerjunkan puluhan ribu personelnya agar jalannya peringatan Hari Buruh sedunia itu berlangsung aman dan tertib.

"Untuk personel ada 23.000," kata Kepala Polda Metro Jaya Inspektur Jenderal Putut Eko Bayuseno, di Mapolda Metro Jaya, Senin (29/4/2013).

Menurut Putut, titik fokus pengamanan kepolisian mencakup wilayah Sudirman-Thamrin sampai dengan Istana Negara. Personel yang diterjunkan itu, katanya, untuk melayani para buruh yang akan melakukan aksi dalam artian memberikan pengamanan dan pengawalan berlangsungnya aksi.

"Mereka akan melaksanakan perayaan, kami sebagai aparat keamanan akan melayani kegiatan itu, memberikan pengamanan, pengaturan lalu lintas, dan pengawalan," ujar Putut.

Mengenai pastinya jumlah buruh yang akan melakukan aksi, dia mengatakan belum memastikan jumlahnya. Koordinasi dengan para pemimpin serikat buruh, kata Kapolda, sudah dilakukan dengan kepolisian agar menyepakati aksi unjuk rasa dilangsungkan secara damai dan tidak anarkistis. "Mereka berjanji tidak melakukan kekerasan. Besok saya akan melakukan jumpa pers," kata Kapolda.

Berita terkait, baca:

DEMO BURUH

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.