Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocah Ini Diduga Disunat Jin, Ternyata...

Kompas.com - 23/04/2013, 15:08 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Bahrul Alim (5) mengalami kejadian aneh. Saat bermain di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Makbul, Jembatan Besi, Jakarta Barat, Senin (22/4/2013), bagian kemaluannya tiba-tiba berubah seperti sudah tersunat.

"Anak saya tiba-tiba seperti sudah disunat," kata Titin (40), ibunda Alim di rumahnya, Selasa (23/4/2013).

Titin menuturkan, awalnya Alim sedang bermain dengan teman-temannya di sekolah dekat rumahnya. Seusai bermain, Alim bercanda-canda dengan kakaknya di rumah. Kemudian, dengan tidak sengaja, kakaknya menyentuh bagian kemaluan Alim.

Bocah berumur 5 tahun itu pun merasa kesakitan. Saat ibunya memeriksa, ternyata kemaluan Alim sudah berubah bentuk seperti sudah disunat.

Melihat perubahan bentuk kelamin anaknya, kata Titin, dia pun menanyakan Alim perihal masalah tersebut. Namun, Alim tidak mengetahui ataupun melakukan apa pun sampai kemaluannya berubah bentuk.

Setelah itu, ibunda Alim meminta anaknya untuk mencoba buang air kecil. Titin khawatir anak tersebut mengalami gangguan pada kelaminnya. Setelah anak tersebut buang air kecil, dia tidak merasakan sakit atau nyeri apa pun.

Ayah Alim, Zainuddin (46), mengungkapkan, dirinya yakin kalau anaknya sudah disunat oleh makhluk gaib. Dia pun bersyukur karena tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyunat anak bungsunya.

"Alhamdulillah anak saya sudah disunat walaupun saya enggak tahu siapa yang melakukannya," kata Zainuddin.

Sementara Budiman, Kepala Pelayanan RSUD Cengkareng, mengatakan, anak tersebut sebenarnya belum tersunat. Dia mengalami fimosis saat bermain dengan temannya.

Fimosis merupakan penyempitan atau perlengketan alat vital sehingga kepala alat vital tidak bisa terbuka sepenuhnya. Kemungkinan, kata Budiman, kemaluan anak tersebut terkena tekanan saat bercanda dengan temannya.

Akibat kemaluan yang kecil, kemaluan tersebut terjepit di antara lubang karena mendapatkan tekanan sehingga jika dilihat secara kasatmata, kemaluan Alim seperti sudah disunat.

"Itu akibat terjepit kemaluannya, bukan disunat sama makhluk gaib atau jin seperti itu," kata Budiman.

Dia menyarankan, jika terdapat anak yang mengalami kejadian seperti itu, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit. Tujuannya untuk menyembuhkan kondisi anak tersebut supaya bisa seperti semula. Setelah kondisinya sudah membaik, anak tersebut harus segera disunat supaya tidak terjadi hal seperti itu kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com