Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyerahan DCS di DKI Masih Sepi

Kompas.com - 21/04/2013, 16:27 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sampai dua hari terakhir menjelang penutupan batas penyerahan DCS, pendaftaran peserta pemilu untuk wilayah DKI Jakarta masih sepi, baik untuk penyerahan berkas DCS Parpol untuk DPRD maupun penyerahan berkas calon anggota DPD.

Pada Minggu (21/4/2013) sekitar pukul 12.00 WIB, baru PKS yang telah dari jauh-jauh hari menyerahkan berkas DCS. Sementara untuk penyerahan berkas calon anggota DPD baru 13 orang.

Hal tersebut disampaikan Ketua KPUD DKI Jakarta Dahlia Umar. Menurutnya, kebanyakan parpol masih memiliki kecenderungan untuk mendaftar di hari-hari terakhir padahal langkah tersebut rawan akan terjadinya penumpukan.

"Untuk partai baru, PKS, mereka daftar sejak hari ketiga pembukaan. Katanya Golkar dan Gerindra mau hari ini. Hanura dan Demokrat besok, yang lain belum ada kabar. Untuk DPD baru 13 orang," kata Dahlia saat ditemui di Kantor KPUD DKI Jakarta, Minggu (21/4/2013) siang.

"Sebenarnya sebaiknya partai tidak mendaftar di last minute karena rawan terjadi penumpukan," lanjut Dahlia.

Mengenai alasan sejumlah partai yang lebih memilih menyerahkan DCS di hari-hari terakhir, Dahlia juga tidak mengetahui pasti. Namun untuk mengantisipasi penumpukan di hati terakhir, pihaknya telah menyiapkan lebih banyak loket-loket pendaftaran.

"Mungkin persoalan partai masing-masing. Untuk antisipasi kami sudah menyiapkan lebih banyak loket pendaftaran yakni sekitar enam loket. Pendaftaran untuk besok paling lambat jam 4 sore dan proses pemeriksaan akan sesuai urut kedatangan," terangnya.

Sementara untuk penyerahan berkas calon anggota DPD, menurut Dahlia, sampai saat ini baru sekitar 13 orang. Para calon yang telah mendaftar nantinya akan diseleksi dahulu baru kemudian diikutsertakan pada Pemilu.

Adapun nama-nama calon anggota DPD yang sudah mendaftar antara lain AM Fatwa, Rommy, Pardi, Fahirah Idris, Mustar Putrajaya, Syamsul Zakaria, Santo Dewatmoko, FX Urip Soedjoedi, Lexam Silaban, Vivi Effendi, Ivan Rinaldi, Eddy Sadeli, dan Ramdansyah.

"Mereka datang dari berbagai latar belakang mulai dari pensiunan birokrat, pengusaha, dokter maupun incumbent yang saat ini menjabat," kata Dahlia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com