Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat Andalkan Fraksi dan Menteri

Kompas.com - 20/04/2013, 02:49 WIB

Bogor, Kompas - Partai Demokrat masih mengandalkan anggota Fraksi Partai Demokrat di Dewan Perwakilan Rakyat dan menteri Kabinet Indonesia Bersatu II dari Demokrat untuk meraih suara dalam Pemilihan Umum 2014. Bahkan, dalam pengarahan kepada Fraksi Partai Demokrat, Jumat (19/4) malam, Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menekankan agar anggota DPR lebih giat turun bertemu konstituen. Harapannya, Demokrat bisa meraup suara dan memenangi Pemilu 2014.

”Anggota Fraksi Demokrat di DPR diharapkan lebih giat menjadi vote getter,” kata Wakil Ketua Umum Demokrat Max Sopacua.

Pengarahan Yudhoyono kepada anggota Fraksi Partai Demokrat itu digelar di Multifunction Hall, Raffles Hills, Bogor. Demokrat menggunakan tempat yang sama untuk sejumlah acara dari pemilu ke pemilu. Pengarahan tertutup yang berlangsung pukul 19.30-21.00 itu juga diikuti semua menteri dari Demokrat.

Ketua Harian Demokrat Syarifuddin Hasan menyatakan, dalam pengarahannya, ketua umum mengharapkan anggota Fraksi Demokrat aktif turun ke lapangan untuk menjelaskan program-program partai kepada konstituen. Di samping itu, juga disampaikan rencana konvensi calon presiden oleh Demokrat yang pendaftarannya mulai dibuka sekitar Mei atau Juni mendatang.

Konvensi dilakukan dengan sistem semiterbuka dan akan ditangani komite khusus dari internal Demokrat. Konvensi membuka ruang bagi calon dari luar partai. ”Pemilihan calon yang akan diusung nanti yang menentukan rakyat,” kata Syarif. Tidak dijelaskan lebih jauh tentang mekanisme pelibatan rakyat itu.

Prioritas nomor urut

Sementara itu, Ketua Satuan Tugas Penyusunan Daftar Calon Sementara (DCS) Suaidi Marasabessy menyatakan, anggota Fraksi Demokrat diberi prioritas menempati nomor urut teratas di daerah pemilihan masing-masing karena terbukti memiliki konstituen. Dari 148 anggota saat ini, yang akan maju sebagai calon anggota legislatif dalam pemilu mendatang sebanyak 133 orang. Sejumlah 15 orang tak mencalonkan lagi, antara lain karena ada yang maju dalam pilkada, pindah partai, dan ada yang mencalonkan diri sebagai anggota DPD.

Suaidi juga memastikan, DCS untuk DPR yang terdiri atas 560 calon telah siap diserahkan ke KPU pada 21 April. Sejumlah 210 di antaranya adalah perempuan.

Calon yang ada dalam DCS Demokrat itu terdiri dari anggota Fraksi Demokrat, pengurus di tingkat pusat dan daerah, kader organisasi sayap, dan tokoh masyarakat nonkader Demokrat. Di antara mereka juga ada artis baru seperti Yenny Rachman dan Anwar Fuadi serta pensiunan jenderal TNI.

Suaidi membenarkan majunya kembali Muhammad Nasir, saudara sepupu terpidana kasus korupsi Muhammad Nazaruddin, sebagai calon anggota legislatif Demokrat. Nasir berada di nomor urut satu di Riau. (WHY)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com