Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimistis, PKS Bangun Basis Baru di Jawa Tengah

Kompas.com - 18/04/2013, 16:38 WIB
Kontributor Semarang, Puji Utami

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com — Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bertekad membangun basis baru yang kokoh di Jawa Tengah. Hal ini juga terkait dengan target PKS menuju tiga besar pada Pemilihan Umum 2014. Presiden PKS Anis Matta di Semarang, Kamis (18/4/2013), mengaku yakin dengan target tersebut.

Menurut Anis, sejak berdiri, PKS telah bertumbuh secara konstan. Pertumbuhan ini juga terjadi di Jawa Tengah. Pada 2004, PKS mendapatkan tiga kursi di DPR dari daerah pemilihan di Jawa Tengah. Pada 2009 terus meningkat menjadi tujuh kursi di DPR. "Untuk Pemilu 2014 ditargetkan mendapat 11 kursi untuk Jawa Tengah di DPR," ujarnya.

Anis mengatakan, jika ingin menang, para kader juga harus menghilangkan mitos terkait Jawa Tengah. Selama ini mitos Jawa Tengah disebut sebagai basis "merah", tetapi Anis mengaku akan menanamkan pada kader untuk menghilangkan anggapan tersebut. PKS, ungkapnya, merupakan partai yang akan menjadi sumber pemimpin. Kader-kader terpilih akan dididik dan dibina menjadi pemimpin.

"Jadi, PKS akan melahirkan tokoh, bukan tokoh yang melahirkan partai dan diharapkan umur partai tidak seumur tokohnya, tetapi terus meningkat," ujarnya.

Dalam memperkenalkan visi-misi partainya, ia akan lebih melakukan pendekatan dengan menyentuh langsung masyarakat. Sehingga akan memunculkan rasa sehingga militansi itu akan tumbuh melalui rasa. Seperti halnya dengan dilakukannya penyelenggaraan rapat pimpinan nasional dan milad ke-15 di Semarang, Jawa Tengah. Hal ini menjadi upaya mendekatkan diri kepada masyarakat Jawa Tengah.

Anis mengatakan tidak akan memasang iklan di media dalam mengenalkan partainya, seperti yang dilakukan partai lainnya. Sebab, menurut dia, beriklan itu tidak murni, tetapi pasti ada yang dilebih-lebihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com