Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sibuk Panen, 103 Peserta Paket C Tak Ikut UN

Kompas.com - 16/04/2013, 16:00 WIB
Kontributor Malang, Yatimul Ainun

Penulis

BATU, KOMPAS.com - Sebanyak 103 peserta ujian paket C, di Kota Batu Jawa Timur, tidak ikut Ujian nasional (UN) akibat waktunya berbenturan dengan masa panen. Dipastikan, 103 orang tersebut dinyatakan tidak lulus.

Di Kota Batu, total peserta UN paket C sebanyak 457 orang. "Secara tegas, yang tidak hadir di UN, tidak lulus. Mereka, bisa ikut ujian tahun depan," kata Mariaji, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kota Batu, Selasa (16/4/2013).

"Mayoritas sibuk kerja di sawahnya, karena sekarang katanya masa panen. Mayoritas peserta paket C adalah petani di Kota Batu," kata pria yang juga koordinator pelaksanaan UN paket C Kota Batu.

Adapun peserta UN paket C di Kota batu terdiri dari 19 lembaga pendidikan pusat kegiatan belajar masyarakat (PKBM) dan pondok pesantren (PP). "Sebanyak 5 PKBM dan 13 Pondok Pesantren," katanya.

Dalam ujian, tambah Mariaji, tidak ada bedanya dengan ujian sekolah formal lainnya. "Jadwalnya sama. Dari Bahasa Indonesia, Inggris, IPS, IPA dan Matematika. Untuk naskah soalnya ada 20 jenis," katanya.

Pelaksanaan UN paket C di Kota Batu dilaksanakan di empat sekolah dasar, yakni di SDN Sisir 1, 2,5 dan SMP PGRI Batu. "Ujiannya dijaga oleh 26 orang pengawas," ujar Mariaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com