Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi: Kesadaran Masyarakat Rendah

Kompas.com - 16/04/2013, 14:53 WIB
Indra Akuntono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo melibatkan peran Kopassus untuk menjaga kebersihan lingkungan di Ibu Kota. Langkah itu dilakukan sekaligus untuk mendorong kesadaran warga Jakarta menjaga dan memelihara lingkungan di wilayahnya masing-masing.

Mantan Wali Kota Surakarta itu menyampaikan, saat ini pihaknya tengah menyiapkan realisasi konkret kerja sama tersebut. Langkah yang dilakukan adalah dengan menginventarisir kondisi di lapangan, serta kemudian masuk ke tahap eksekusi.

"Kalau sudah diputuskan langsung bekerja. Masyarakat harus didorong, karena memang kesadarannya rendah. Terus bagaimana kalau tidak didorong, tidak disuntik," kata Jokowi, seusai menghadiri acara hari ulang tahun (HUT) ke-61 Kopassus di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Selasa (16/4/2013).

Di tempat yang sama, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal Agus Sutomo menyambut baik usulan Jokowi. Menurutnya, upaya bersama memelihara lingkungan Jakarta, khususnya kebersihan sungai, merupakan hal yang diperlukan saat ini.

Dia berharap, sungai di Jakarta dapat berubah menjadi tempat wisata setelah kondisinya benar-benar bersih dan hijau. "Kita mimpi Sungai Ciliwung bisa menjadi tempat wisata. Nanti bisa kerja sama lintas sektoral," ujarnya.

Pada 5 April 2013, Jokowi dan Kopassus pernah sama-sama terlibat dalam aksi bersih-bersih Sungai Ciliwung. Saat itu Jokowi mengaku bangga dengan Kopassus karena memiliki tingkat peduli lingkungan yang tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com