Parpol Mulai Serahkan DCS

Kompas.com - 15/04/2013, 02:33 WIB

Jakarta, Kompas - Meski penyerahan daftar calon anggota legislatif sementara telah dibuka 9 April lalu, diperkirakan baru mulai Senin ini partai politik akan menyerahkan DCS ke Komisi Pemilihan Umum. Untuk itu, KPU menyiapkan mekanisme khusus agar penyerahan DCS berjalan tertib dan semua parpol tetap terlayani hingga akhir masa penyerahan DCS, 22 April nanti.

”Sampai sekarang belum ada parpol yang datang meski kami tetap siap di kantor hari Sabtu dan Minggu. Ada rencana PKS (Partai Keadilan Sejahtera) akan mendahului menyerahkan DCS tanggal 15 April (Senin) ini,” ujar staf Komisi Pemilihan Umum (KPU), Andi Krisna, di kantor KPU, Jakarta, Minggu (14/4).

Kemarin, DPD PKS Tegal, Jawa Tengah, menyerahkan DCS ke KPU Tegal. Total ada 30 caleg dalam DCS tersebut, sesuai dengan jumlah caleg maksimal yang boleh dicalonkan setiap parpol di Tegal. Ketua DPD PKS Tegal Amirudin mengatakan, dari 30 caleg tersebut, caleg perempuan sebanyak 11 orang atau 42,9 persen.

Anggota KPU Tegal, Siti Mudrikah, mengatakan, hingga kemarin baru PKS yang menyerahkan DCS. ”Sebanyak 12 parpol (nasional), semua ada kepengurusannya di Tegal,” ungkapnya.


Anggota Tim Pemenangan Partai Bulan Bintang (PBB), Tumpal Daniel, di Jakarta, mengatakan, PBB akan menyerahkan berkas DCS ke KPU pada Kamis mendatang. ”Setelah tahap penjaringan selesai, saat ini sedang tahap pemberkasan kader. Persyaratan 30 persen kader perempuan juga sudah terpenuhi. Tahap tes narkoba juga sudah dilewati dan semua bakal caleg PBB bersih, bebas dari narkotika,” ujarnya.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Patrice Rio Capella berharap partainya dapat menyerahkan DCS ke KPU pada hari Jumat. ”Persyaratan dari KPU sudah dapat kami penuhi, salah satunya Nasdem sudah memiliki 38 persen kader perempuan,” kata Patrice.

Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) juga berencana menyerahkan DCS ke KPU pada hari Jumat. Wakil Sekjen Partai Hanura Bidang Organisasi Hardjadinata, yang juga maju sebagai calon anggota DPR, mengatakan, ”Kami sekarang menyaring 560 dari 1658 formulir yang masuk.”

Partai Demokrat berencana menyerahkan DCS hari Sabtu. Ketua Satgas Penjaringan Caleg Demokrat Suaidi Marasabessy menyebutkan, partainya telah menyaring 1.088 pendaftar menjadi 560 bakal caleg.

Sejumlah partai lain masih menyelesaikan penyusunan DCS. Beberapa di antaranya terkait dengan syarat keterwakilan perempuan. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri, misalnya, mengeluhkan sulitnya memenuhi kuota 30 persen perempuan.

”Kepala saya sampai mau pecah mengisi kuota 30 persen untuk perempuan. Ibu-ibu, sih, senangnya dandan. Semestinya, ayo, ibu-ibu jangan lembek. Ibu-ibu juga harus bisa pidato seperti saya,” kata Megawati di Solo, Jawa Tengah, kemarin.

Untuk menyiasati membeludaknya kehadiran parpol pada akhir masa penyerahan DCS, KPU menyiapkan sistem nomor antrean agar pendaftaran berjalan tertib. Pendaftaran berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00.

”Pemeriksaan syarat kelengkapan dokumen caleg yang banyak tentu akan memakan waktu sehingga pada hari terakhir nanti parpol yang hadir sebelum pukul empat sore dan sudah melakukan registrasi masih akan dilayani, walaupun pemeriksaan berkasnya akan lebih dari pukul empat,” ujar Arief P Susanto, staf KPU, saat ditemui di Media Center KPU. (wie/ong/eki/*)

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Editor
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X