Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panjat Gerbang DPR, Mahasiswa Ditangkap

Kompas.com - 12/04/2013, 13:41 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aksi menolak RUU Ormas di depan Gedung DPR semakin panas. Beberapa mahasiswa yang tergabung dalam kelompok IMM sengaja memanjat dan melompat gerbang Gedung DPR/MPR.

Petugas keamanan Gedung DPR pun langsung menangkap beberapa mahasiswa tersebut. Beberapa demonstran yang berada di luar gedung sempat terpancing emosi dan meminta teman-temannya dikeluarkan dari dalam gedung.

Sebelum terjadi tindakan anarkis, koordinator lapangan memperingatkan supaya pendemo tidak terpancing oleh provokator. Mereka pun menyanyikan mars Muhammadiyah untuk meredam emosi pendemo dan tidak terjadi tindakan anarkis.

Di depan Gedung DPR itu pula bertemu massa yang menolak maupun mendukung RUU Ormas. Massa yang menolak RUU Ormas mencopoti spanduk Koalisi mahasiswa dan Masyarakat Nasional (KOMNAS) yang bertuliskan agar masyarakat tidak terpengaruh dengan antek-antek penolak RUU Ormas.

"Pemasang spanduk itu adalah orang-orang yang dibayar oleh pemerintah. Mereka mendukung pemerintah. Tapi kita harus terus menjalankan perjuangan kita," kata Mohamad Naufal Dunggio, salah satu kordinator aksi demo di Senayan, Jumat (12/4/2013).

Pantauan Kompas.com, terdapat tiga spanduk yang terpajang di sisi jalan tepat di gerbang gedung DPR/MPR. Spanduk tersebut dicopot oleh beberapa orang demonstran dan diinjak-injak. Kemudian spanduk tersebut diletakkan di atas keranda buatan di depan para pendemo.

 

Demontrasi hari ini dilakukan oleh kelompok Muhammadiyah, IMM, maupun pelajaran dari sekolah-sekolah Muhammadiyah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com