Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Massa Muhamadiyah Shalat Jumat di Depan DPR

Kompas.com - 12/04/2013, 12:33 WIB
Alfiyyatur Rohmah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Massa Muhammadiyah melaksanakan shalat Jumat berjamaah di depan Gedung DPR/MPR RI. Usai shalat Jumat, mereka akan melakukan unjuk rasa menolak pengesahan RUU Ormas.

Pantauan Kompas.com, sekitar 2.000 orang melaksanakan shalat Jumat di depan gedung DPR/MPR RI. Kegiatan ini mengganggu lalu lintas di depan Gedung DPR/MPR. Kemacetan mengular sampai Jembatan Semanggi.

"Muhammadiyah tetap melaksanakan aksi demonstrasi ini untuk menolak RUU Ormas," kata Auliya Khasanova, Koordinator lapangan saat dihubungi Kompas.com, Jumat (12/4/2013).

Auliya mengatakan, massa yang akan dikumpulkan sebanyak 10.000 orang. Sebelumnya, demonstrasi juga akan digabung dengan kelompok Hizbut Tahrir Indonesia (HTI). Namun, ketua HTI membatalkan aksi ini karena tidak ada persidangan di gedung DPR/MPR RI.

Walaupun HTI membatalkan aksi, Muhammadiyah tetap akan menggelar demo untu menuntut penolakan RUU Ormas. Massa akan bertambah usai shalat Jumat sekitar pukul 13.30 WIB.

Saat ini, sebagian pengunjuk rasa masih dalam perjalanan menuju gedung DPR/MPR. Menurutnya, aksi ini bukan menuntut penundaan pengesahan RUU Ormas, akan tetapi menolak pengesahan tersebut dilakukan. RUU ini dianggap tidak sesuai dengan empat pilar bangsa dan mendustai kebijakan reformasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com