Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahal, Biaya Tes Kesehatan Caleg di RSU

Kompas.com - 10/04/2013, 12:13 WIB
Winarto Herusansono

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com- Menyongsong kesiapan kader partai politik memproses persyaratan menjadi calon legislatif, sejumlah kader mengeluhkan mahalnya biaya tes uji kesehatan di sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah. Salah satu calon caleg di Semarang, Jawa Tengah, Santiaji, Rabu (10/4/2013), mengungkapkan, setiap caleg telah diminta oleh pengurus parpol memenuhi persyaratan tes kesehatan.

Tes kesehatan meliputi tes kesehatan jasmani, tes rokhani (jiwa), dan tes kesehatan bebas dari narkoba. "Untuk tes yang sama pemilu lima tahun yang lalu, tes jasmani biayanya Rp 250.000, tes kesehatan lainnya antara Rp 150.000 sampai Rp 250.000 per orang," kata Santiaji.

Bakal caleg lain, Jumadi, menyebutkan, di sejumlah rumah sakit ternyata tarif biaya tes kesehatan sudah naik sampai 70 persen. Misalnya, di RSUP Kariadi Semarang, menetapkan untuk biaya total tes tiga kesehatan itu sebesar Rp 750.000 per orang.

Di RSUD Kota Semarang di Ketileng, Semarang, tarifnya sama yakni Rp 750.000 per orang. Sedangkan biaya tes kesehatan yang agak murah di RSU Bhayangkara, Semarang, lebih murah, yaitu sekitar Rp 550.000.

Sedangkan caleg lain asal Kendal, Jateng, Supriyadi mengemukakan, biaya tes kesehatan di RSU Kendal yang merupakan rumah sakit di kabupaten juga mahal, yakni Rp 750.000 per orang. "Mahalnya biaya tes kesehatan ini sangat disesalkan. Nampaknya petugas di rumah sakit mengira para calon anggota parlemen ini termasuk orang berduit," ujar Supriyadi.

Beberapa caleg mengungkapkan, tarif kesehatan di sejumlah rumah sakit sebaiknya ditinjau ulang.

Sejumah parpol memang ada yang menerapkan kebijakan membantu biaya ganti tes kesehatan sebesar 50 persen. Tapi banyak juga caleg dari parpol kecil, para caleg menanggung seluruhnya biaya tes kesehatan untuk persyaratan caleg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com