Marzuki Alie: Sah Saja Menteri Diusung Jadi Caleg

Kompas.com - 09/04/2013, 19:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Marzuki Alie tidak mempermasalahkan para menteri untuk menjadi calon anggota legislatif. Menurut dia, dalam dunia politik hal itu sah-sah saja dilakukan.

"Ini kan politik, ya, saya pikir sah-sah saja dalam kompetisi," kata Marzuki di Jakarta, Selasa (9/4//2013).

Wakil Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat itu mengatakan, menteri memiliki konstituen yang besar sehingga berpeluang menjadi caleg. Tidak ada larangan yang diatur dalam undang-undang jika menteri mendaftar sebagai caleg.

"Menteri itu punya konstituen yang besar. Dalam perjalanan di mana pun, dalam kontestasi politik, orang yang punya pemilih terbesar pasti diusung. Yang penting tidak melanggar undang-undang," ujarnya.

Mengenai tanggapan negatif dari masyarakat, Marzuki tak mempermasalahkannya. Menurut dia, masyarakat bebas menilai kinerja menteri yang menjadi caleg tersebut. "Rakyat yang menilai saja, apakah yang bersangkutan bisa melepaskan tugasnya atau tidak," katanya.

Untuk diketahui, Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memajukan para menteri dari partai masing-masing sebagai caleg. Partai Demokrat, misalnya, menurunkan lima menterinya menjadi caleg. Mereka adalah Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, dan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Amir Syamsuddin.

Sementara itu, PKB mengajukan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmi Faisal Zaini dan PAN mengajukan Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi Azhwar Abubakar dari Aceh. Selain itu, PKS juga menurunkan dua menterinya sebagai caleg, yakni Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring dan Menteri Pertanian Suswono.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorHeru Margianto
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X