Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan Masyarakat Sipil Sumbar Tolak RUU Ormas

Kompas.com - 05/04/2013, 16:47 WIB
Ingki Rinaldi

Penulis

PADANG, KOMPAS.com - Sejumlah elemen gerakan masyarakat sipil di Sumatera Barat, Jumat (5/4/2013) kembali melakukan pertemuan di Sekretariat Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sumbar, Kota Padang terkait RUU Organisasi Kemasyarakatan yang akan segera disahkan.

Beberapa elemen pergerakan tersebut di antaranya Walhi Sumbar, Yayasan Citra Mandiri Mentawai, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Padang, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Pers Padang, dan kalangan akademisi.

Hal itu merupakan lanjutan dari aksi serupa berupa diskusi yang dilangsungkan LBH Pers Padang pada Senin (1/4/2013) lalu. Pada pertemuan Jumat ini, sejumlah perwakilan lembaga non pemerintah itu merencanakan sejumlah aksi penolakan menjelang pengesahan RUU Ormas tersebut.

Beberapa di antaranya ialah petisi penolakan yang ditandatangani sejumlah perwakilan dan pembahasan pasal-pasal utama dalam RUU Ormas yang berpotensi melemahkan gerakan masyarakat sipil. Pendataan terhadap pengaruh yang mungkin diterima setiap organisasi kemasyarakatan terkait dengan bakal disahkannya RUU Ormas juga mulai dilakukan.   

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com