Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

21 Perempuan Bersepeda Tempuh Rute Aceh-Padang

Kompas.com - 05/04/2013, 11:13 WIB
Kontributor Banda Aceh, Daspriani Y Zamzami

Penulis

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Dengan stelan sporty, perempuan berdarah Asia dengan kulit sawo matang ini siap dengan sepedanya. Sebuah topi pet dan sedikit losion pelindung sinar matahari sudah dikenakan.

Dia adalah Megha Wangmo Hermann, istri Duta Besar Denmark untuk Indonesia, Martin Bille Hermann. Mrs Hermann memang bersepeda pagi, Jumat (5/4/2013) ini.

Megha Wangmo akan mengiringi 21 pesepeda perempuan yang tergabung dalam Srikandi Bersepeda sejak dari garis start di Balaikota Banda Aceh hingga perbatasan Kota Banda Aceh dan Kabupaten Aceh Besar. Ini akan mengambil jarak tempuh 9 kilometer.

"Saya sangat senang bisa mengambil bagian dari kegiatan ini dan ini merupakan kegiatan yang luar biasa dan dilakukan oleh perempuan-perempuan yang hebat," sebut Megha Wangmo.

Sebanyak 21 perempuan hasil seleksi dari komunitas bersepeda Bike to Work akan melakukan touring bersepeda yang menempuh rute Banda Aceh-Padang sejauh lebih kurang 1.400 kilometer.

Tiga perempuan Aceh turut ambil bagian dalam ekspedisi Srikandi III yang digelar Bike to Work Indonesia. Ketiga perempuan Aceh itu adalah:

  1. Sunitalia, 27 tahun, mahasiswi Teknik Elektro Universitas Iskandar Muda Banda Aceh;
  2. Cut Murnita, 29 tahun, aktivis sosial;
  3. Ulfa Hidayati, 23 tahun, mahasiswi Universitas Gajah Putih, Takengon, Aceh Tengah.

Nurjannah Husien, panitia lokal Srikandi III, menyebutkan, mereka akan bersama 18 perempuan Indonesia lainnya untuk bersepeda menuju Padang.

Wakil Wali Kota Banda Aceh, Illiza Sa'aduddin Damal, saat melepas peserta Srikandi Bersepeda mengatakan, kegiatan yang baru pertama kali melibatkan Aceh ini telah memberi inspirasi banyak orang, khususnya perempuan.

"Dengan beraktivitas, perempuan akan lebih tercerahkan dan ini akan meningkatkan kualitas dari kaum perempuan itu sendiri dengan kualitas yang baik akan menciptakan kehidupan perempuan yang juga lebih baik," ujar Illiza saat melepas rombongan bersepeda, Jumat (5/4/2013).

Srikandi Bersepeda III ini diikuti 21 perempuan dari pelbagai provinsi di Indonesia, seperti Bali, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Lampung, Mataram. Rute yang ditempuh menuju Padang adalah Banda Aceh, Sigli, Bireuen, Lhokseumawe, Langsa, Pangkalan Brandang, Medan, Pematang Siantar, Parapat, Tarutung, Sipirok, Padang Sidempuan, Kotanopan, Lubuk Sikaping, Bukit Tinggi, dan finis di Padang.

Sementara itu, Ketua Bike To Work Indonesia, Toto Sugito, mengatakan, event Srikandi Bersepeda bertujuan selain memperingati semangat perjuangan pahlawan perempuan, juga untuk mengampanyekan sepeda sebagai kendaraan ramah lingkungan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com