Kompas.com - 04/04/2013, 16:43 WIB
|
EditorFarid Assifa

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Komisi III DPR RI hari ini Kamis (4/4/2013) sekitar pukul 10.30 WIB mengunjungi Lapas Cebongan. Selain untuk meminta keterangan terkait penyerangan lapas, komisi III juga mengelar rekonstruksi peristiwa kejadian berdasarkan keterangan-keterangan dari para saksi.

"Tadi kita sudah ketemu dengan Kapolda DIY, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dan Kepala Lapas Cebongan. Setelah itu kita gelar rekonstruksi kejadian dari lokasi depan gerbang lapas sampai dengan peristiwa penembakan 4 tahanan di Sel A5 blok Anggrek," terang Muzammil Yusuf, Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Kamis (4/4/2013).

Dalam rekonstruksi itu, Muzammil melihat banyak kelemahan yang harus didalami, misalnya kelemahan pihak Polda ketika penyerahan tahanan yang belum disertai dengan pengamanan yang memadai, sehingga kejadian penyerangan kemarin memang bukan kapasitas lapas untuk menghadapi gerombolan bersenjata.

"Termasuk juga sarana di lapas ini seperti CCTV di luar yang bisa merekam kejadian-kejadian di luar lapas. Ini terkait sarana dan prasarana, termasuk anggaran," tegasnya.

Muzammil melihat perlu adanya tim bersama antara TNI dan Polri serta pihak-pihak yang independen untuk menyelidiki dan mendalami kasus penyerangan Lapas Cebongan ini. Jika perlu, libatkan juga pakar-pakar yang berpengalaman dan netral.

"Sementara jangan punya kesimpulan kelompok mana yang melakukan ini, masih terlalu dini. Kasus ini harus diungkap secara transparan karena bukan hanya menjadi sorotan nasional, tapi juga internasional," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.