Kompas.com - 04/04/2013, 14:10 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Sekitar 1.000 pendukung bendera bulan bintang bertahan di simpang Kodim, Banda Aceh, Kamis (4/4/2013). Mereka tak dapat menerobos masuk ke Pendopo Meuligoe, keiaman Gubernur Aceh Husaini Abdullah.

Di pendopo, Menteri dalam Negeri Gamawan Fauzi menggelar pertemuan tertutup membahas Qanun Bendera dan Lambang Aceh. Massa pendukung bendera bulan bintang mendesak agar Qabun tersebut diberlakukan tanpa revisi.

"Kami rakyat Aceh ingin bendera bulan bintang dapat bersanding bersama bendera merah putih. Kami masih bagian dari NKRI," kata perwakilan massa dalam orasinya.

Beberapa orang beristirahat makan siang. Sisanya berdiri sambil mengibarkan bendera bulan bintang.

Ratusan polisi dan tentara berbaris berlapis menghadang massa. Mereka menjaga ketat agar tidak ada pendukung bendera bulan bintang menerobos. Bahkan, belasan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh dan DPR Kabupaten/kota di Aceh dicegat polisi saat hendak ke pendopo.

Polisi meminta mereka menunjukkan kartu identitas. "Kami mohon kerja samanya. Karena situasi sedang ada unjuk rasa," kata seorang polisi kepada rombongan anggota DPR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.