Kompas.com - 04/04/2013, 11:36 WIB
Penulis Susana Rita
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com — Hakim Konstitusi Akil Mochtar yang terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) kebanjiran pesan singkat (SMS). Hingga Kamis (4/4/2013), terdapat 183 SMS yang belum dibuka (dan dibaca) serta belum dibalas.

"Sejak kemarin SMS masuk terus. Ada 183 SMS yang belum terbaca yang dikirim para pejabat sampai pawang ular. Ya, semua mengucapkan selamat," seloroh Akil kepada wartawan di Media Center MK.

Akil memang sosok yang dekat dengan wartawan. Ia sering menghabiskan waktu di media center bersama para jurnalis berbicara berbagai isu yang ada di republik ini. Siang ini, Akil menyempatkan diri menyambangi wartawan sesaat sebelum memasuki ruang sidang.

Akil terpilih menjadi Ketua MK periode 2013-2015. Ia memperoleh dukungan mayoritas (tujuh hakim konstitusi), mengalahkan Hakim Konstitusi Harjono yang mendapatkan dua suara.

Pemilihan Ketua MK yang digelar Rabu kemarin berlangsung tiga putaran. Putaran pertama menghasilkan empat calon, yaitu Akil (4 suara), Harjono, dan Hamdan (masing-masing dua suara), serta Arief Hidayat (satu suara). Pemilihan dilanjutkan dengan putaran kedua dengan mempertarungkan Harjono dan Hamdan. Hasilnya, Harjono mengungguli Hamdan dengan empat suara, Hamdan tiga suara, abstain satu suara, dan tidak sah satu suara.

Akil rencananya mengucapkan sumpah menjadi Ketua MK pada Jumat (5/4/2013) besok. Pengambilan sumpah dilakukan di ruang sidang pleno MK.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.