Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPSK Akan Kunjungi 31 Saksi di Lapas Cebongan

Kompas.com - 02/04/2013, 20:24 WIB
Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma

Penulis

YOGYAKARTA, KOMPAS.com -- Menindaklanjuti permintaan perlindungan terhadap 31 saksi penyerangan Lapas Kelas IIB Cebongan, Sleman, hari ini Selasa (2/4/2013), 7 orang dari Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) tiba Yogyakarta.

Wakil Ketua LPSK, Lies Silistiani ketika dihubungi mengatakan, ada 7 orang yang datang ke Yogya guna melakukan assesment terkait permintaan perlindungan saksi penyerangan Lapas Cebongan.

"Kami ke Lapas Cebongan untuk menindaklanjuti permohonan perlindungan dari sejumlah tahanan di lapas," terangnya, Selasa.

Lies menjelaskan, sampai saat ini ada sebanyak 31 tahanan yang meminta perlindungan ke LPSK. Namun demikian, pihaknya masih akan meninjau kembali apakah memang 31 saksi tersebut membutuhkan atau hanya beberapa saja.

Mengenai petugas lapas yang menjadi saksi, pihaknya belum mendapat permintaan resmi. Namun dari assesment, pihaknya akan mempelajari juga jenis perlindungan bagi mereka.

"Yang didata awal ada 31 saksi, namun jumlah tersebut bisa berkurang atau bertambah. Kami harus melakukan assesment untuk melihat situasi dan kondisi mereka, apakah benar semua dalam kondisi tertekan dan terancam," paparnya.

Dalam assesment yang rencananya akan dilakukan besok Rabu (3/4/2013) pagi, LPSK juga akan memastikan para saksi bersedia dan berani memberikan keterangan ketika mereka diperiksa sebagai saksi.

"LPSK mempunyai kerja sama dengan berbagai pihak termasuk Polri dan lembaga konseling. Jika dibutuhkan, kami akan meminta back up keamanan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com