Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Ini, Uang Saku Atlet Akan Cair

Kompas.com - 01/04/2013, 19:51 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Uang saku atlet dan pelatih pelatnas dipastikan turun pekan ini. Pasalnya, tanda bintang anggaran Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk beberapa dana akhirnya dicabut.

"Dari Rp 1,9 triliun sebagian besar sudah dilepas bintangnya, termasuk dana untuk ISG (Islamic Solidarity Games) dan pelatnas," kata Deputi IV bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Djoko Pekik, di Jakarta, Senin (1/4/2013).

Sebelumnya, sebanyak 97 persen anggaran Kemenpora senilai Rp 1,9 triliun masih diblokir Kementerian Keuangan sehingga dana pelatnas untuk atlet dan pelatih masih tertahan. Sebagian pengurus cabang olahraga yang sudah menggelar pelatnas terpaksa berutang untuk menalangi uang saku atlet dan pelatih, termasuk biaya selama pelatihan.

Setelah tanda bintang dicabut pada hari Selasa (19/3), Kemenpora akan segera membayar "utang" dana pelatnas periode Januari - Februari, sementara untuk dana pelatnas periode Maret akan diterbitkan SK baru lagi.

"Sekarang masih pengumpulan berkas syarat yang diperlukan, seperti rekening dan NPWP dari atlet dan pelatih. Setelah terkumpul, Kemenpora akan menyerahkan pada Kemenkeu lalu dari Kemenkeu langsung transfer ke rekening mereka," jelas Djoko.

Selain dana ISG dan pelatnas, dana prima untuk keperluan kompetisi, termasuk SEA Games senilai Rp 250 miliar juga segera turun.

Meskipun dana persiapan SEA Games telat, Djoko optimistis tim Merah Putih akan tampil terbaik. "Peluang tetap yang terbaik," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com