Kompas.com - 31/03/2013, 10:50 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

NUSA DUA, KOMPAS.com - EE Mangindaan, yang masih menjabat sebagai Menteri Perhubungan, terpilih sebagai Ketua Harian Dewan Pembina Partai Demokrat. Meski rangkap jabatan, Mangindaan yakin dia bisa membagi waktu.

"Bisa, bisa. Dewan Pembina kan tidak terlalu strategis. Hanya membantu DPP Partai Demokrat," ujarnya, seusai jumpa pers, di Hotel Laguna, Nusa Dua, Bali, Minggu (31/3/2013).

Mangindaan mengatakan, komposisi Dewan Pembina masih tetap dengan jumlah sekitar 30 orang. Sekretaris Dewan Pembina pun tetap dipegang Jero Wacik. Mangindaan yakin, meski rangkap jabatan, tugas kepartaiannya tak akan mengganggu tugas menteri. Menurutnya, sebagai Ketua Harian Dewan Pembina, dia hanya memberikan arahan dan masukan serta pembinaan.

"Utamanya terkait pemilu. Kalau kebijakan strategis yang ambil dari ketua harian," kata Mangindaan.

Ia mengatakan, dengan adanya penunjukan dua pengurus utama Partai Demokrat, maka tugas negara dan pemerintahan yang diemban SBY sebagai Presiden tak akan terganggu. "Fungsi strategis sekali pun, kami tak akan bebankan kepada beliau," jelasnya.

Sebelumnya, SBY, yang baru terpilih sebagai Ketua Umum DPP Demokrat, menetapkan tiga pengurus utama Partai Demokrat yang akan membantunya mengurus partai. Selain Mangindaan, SBY juga menetapkan Marzuki Alie sebagai Wakil Ketua Majelis Tinggi dan Syarief Hasan sebagai Ketua Harian DPP Partai Demokrat. Pemilihan ketiga orang ini dilakukan melalui proses pembentukan formatur yang ditunjuk SBY. Formatur itu kemudian menggodok sejumlah nama hingga akhirnya terpilihlah ketiga nama itu.

Ikuti berita terkait dalam topik:
KLB Demokrat

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X