Inilah 14 Calon Ketua Harian Partai Demokrat

Kompas.com - 30/03/2013, 12:05 WIB
|
EditorHeru Margianto

DENPASAR, KOMPAS.com - Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono disebut mengumpulkan 33 Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) di Restoran Laguna, Nusa Dua, Sabtu (30/3/2013) pagi ini. Selain menyatakan kesanggupannya sebagai Ketua Umum, SBY juga menyodorkan 14 nama calon ketua harian.

"Betul, ada 14 nama yang menjadi calon ketua harian. Saya tidak tahu bagaimana nama itu ada, tapi begitu saya datang nama-nama sudah disodorkan," ujar Ketua DPD Demokrat Sulawesi Tenggara Muhammad Endang di Inna Beach Hotel, Sanur, Bali, Sabtu.

Ke-14 calon ketua harian itu seluruhnya adalah pengurus Partai Demokrat.  Berikut nama-nama mereka.

1. Gubernur Jambi Hasan Basri Agus
2. Gubernur Jawa Timur Sukarwo
3. Gubernur Nusa Tenggara Barat Zainul Majdi
4. Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan
5. Menteri Olahraga Roy Suryo,
6. Menteri Perhubungan EE Mangindaan
7. Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin
8. Menteri ESDM Jero Wacik
9. Wakil Ketua Umum Demokrat Max Sopacua
10. Wakil Ketua Umum Demokrat Jhonny Allen
11. Wakil Ketua Dewan Pembina Demokrat Marzuki Alie
12. Direktur Eksekutif Toto Riyanto
13. Wakil Sekretaris Jenderal Nurhayati Ali Assegaf
14. Ketua DPP Demokrat Sutan Bhatoegana

Endang mengatakan, pemilihan berlangsung selama 15 menit. Seluruh peserta diminta untuk mengisi lembar kertas yang berisi 14 nama tersebut. Seorang sumber mengatakan para pendukung Saan Mustopa, kandidat ketua umum, memilih Nurhayati sebagai ketua harian. Setidaknya ada 12 suara yang diperuntukkan kepada Nurhayati. Namun, Endang enggan mengungkapkan hal ini.

"Yang jelas tidak ada nama Saan. Tapi rahasia dong pilihannya apa. Hasilnya juga semua dipegang oleh SBY kami tidak tahu siapa yang terpilih," ucap Endang.

Jika SBY terpilih sebagai ketua umum, maka akan dibentuk ketua harian yang bertugas membantu SBY melaksanakan tugas partai. Posisi ketua harian akan ditentukan oleh SBY selaku formatur tunggal.

Baca tentang


    Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X