Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Tiket Kereta Api Habis Terjual

Kompas.com - 29/03/2013, 21:58 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang selama tiga hari tampaknya dimanfaatkan betul oleh kebanyakan masyarakat untuk kembali daerah. Hal ini dapat dilihat dari sudah habisnya tiket kereta jurusan favorit yang berangkat dari Stasiun Gambir.

Kepala stasiun Gambir, Edy Kuswoyo mengatakan, terdapat kelonjakan penumpang pada liburan panjang ini dibandingkan dengan hari-hari biasa. Jika pada hari-hari biasa jumlah penumpang kereta api yang berangkat dari stasiun Gambir sekitar 6.000 orang, kini menyambut libur panjang penumpang yang berangkat dari stasiun Gambir mencapai 9.000 orang.

Bahkan, tiket kereta tujuan favorit seperti Cirebon, Yogyakarta, Bandung, maupun Surabaya, sudah habis terjual sejak kemarin, Kamis (28/3/2013).

"Tiket jurusan favorit untuk hari ini dan kemarin sudah sold out," ujarnya ketika ditemui di ruangannya, Jumat (29/3/2013).

Untuk itu, pihaknya menambahkan jumlah perjalanan kereta. Untuk kereta Cirebon Ekspres Argo Jati tujuan Cirebon, ditambahkan dua perjalanan kereta. Sebelumnya, di stasiun Gambir hanya memberangkatkan tujuh perjalanan menuju Cirebon.

"Untuk kereta tujuan Cirebon kami tambahkan perjalannya pada jam 20.00 dan 22.00. Karena tujuan ini yang banyak permintaannya," kata Edy.

Untuk harga tiket kereta itu sendiri juga mengalami kenaikan. Kenaikan tiket ini berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp. 50.000. Tiket kereta Cirebon Ekspres contohnya, bila pada hari biasa harga tiket kereta tujuan Cirebon ini sebesar Rp 90.000, dengan adanya long weekend harga tiket kereta Argo Jati naik menjadi Rp 120.000.

Pada arus balik mendatang, Edy mengaku tidak akan mengambil kebijakan untuk penambahan kereta. Dan harga tiket tersebut juga tidak mengalami kenaikan. Artinya penumpang membeli tiket harganya sama dengan hari-hari biasa pada umumnya.

"Kalau harga tiket itu fluktuatif. Arus balik ada di hari minggu. Tiketnya juga sudah pada full di booking," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com