Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rhoma Irama: Santet Itu Sesat!

Kompas.com - 27/03/2013, 21:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - "Ya itu sangat sesat!" Tekan Raja Dangdut Rhoma Irama kepada wartawan ketika ditanya mengenai isu santet yang belakangan banyak beredar di masyarakat. Tapi satu yang menjadi masalah, yakni santet sulit untuk dibuktikan.

"Akan terbentur masalah pembuktian. Santet enggak bisa dibuktikan," ujar Raja Dangdut yang kala itu menghadiri acara Seminar Hak Cipta dan Royalti Dangdut yang diselenggarakan oleh PAMMI dan AHCDI di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Isu santet menjadi bahan pembicaraan setelah kasus Adi Bing Slamet kontra Eyang Subur muncul ke publik. Adi menuturkan mantan guru spiritualnya itu adalah seorang dukun santet dan kerap mengajarkan ajaran sesat. 

Untuk itu, Rhoma berharap masyarakat bisa memahami bahwa santet tidak dibenarkan oleh agama, khususnya agama Islam. Untuk mengurangi pengaruh di masyarakat, ayah dari Ridho Rhoma ini berharap iklan berbau klenik dan praktik jasa santet yang banyak bertebaran dilarang.

"Iklan santet itu perlu ditindak karena menyesatkan dan merugikan  masyarakat," tekannya.

Sayang ketika pertanyaan meruncing ke arah Subur yang mempunyai sembilan istri itu Rhoma memilih bungkam. Tanpa sepatah kata dan pendapat dilontarkan, ia langsung meninggalkan para peliput.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com