Rhoma Irama: Santet Itu Sesat!

Kompas.com - 27/03/2013, 21:51 WIB
EditorEko Hendrawan Sofyan

JAKARTA, KOMPAS.com - "Ya itu sangat sesat!" Tekan Raja Dangdut Rhoma Irama kepada wartawan ketika ditanya mengenai isu santet yang belakangan banyak beredar di masyarakat. Tapi satu yang menjadi masalah, yakni santet sulit untuk dibuktikan.

"Akan terbentur masalah pembuktian. Santet enggak bisa dibuktikan," ujar Raja Dangdut yang kala itu menghadiri acara Seminar Hak Cipta dan Royalti Dangdut yang diselenggarakan oleh PAMMI dan AHCDI di Hotel Kartika Chandra, Jakarta, Rabu (27/3/2013).

Isu santet menjadi bahan pembicaraan setelah kasus Adi Bing Slamet kontra Eyang Subur muncul ke publik. Adi menuturkan mantan guru spiritualnya itu adalah seorang dukun santet dan kerap mengajarkan ajaran sesat. 

Untuk itu, Rhoma berharap masyarakat bisa memahami bahwa santet tidak dibenarkan oleh agama, khususnya agama Islam. Untuk mengurangi pengaruh di masyarakat, ayah dari Ridho Rhoma ini berharap iklan berbau klenik dan praktik jasa santet yang banyak bertebaran dilarang.

"Iklan santet itu perlu ditindak karena menyesatkan dan merugikan  masyarakat," tekannya.

Sayang ketika pertanyaan meruncing ke arah Subur yang mempunyai sembilan istri itu Rhoma memilih bungkam. Tanpa sepatah kata dan pendapat dilontarkan, ia langsung meninggalkan para peliput.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.